Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Senin, 18 Jan 2016 - 07:09:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Masyarakat Stres Dinilai Jadi Sasaran Radikalisme

39bom-bunuh-diri-sarinah.jpg
Bom Sarinah (Sumber foto : Istimewa)

BEKASI (TEROPONGSENAYAN) - Sejumlah kota besar di Indonesia menjadi incaran paham radikalisme karena tingkat stres masyarakatnya yang tinggi. Tingkat stres yang tinggi ini dipicu oleh aktivitas kerja, kemacetan lalu lintas dan faktor lainnya.

Hal ini diungkapkan Guru Besar Ilmu Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Abuddin Nata dalam seminar pendidikan "Peran Pendidikan Agama dalam Membentuk Karakter Anak" di Alexandria Islamic School Bekasi, Jawa Barat.

"Gerakan radikal umumnya muncul di kota-kota besar karena orangnya stres akibat aktivitas kerja, kemacetan lalu lintas, dan faktor lainnya," kata Abuddin di Bekasi seperti dilansir Antara, Minggu (17/1/2016).

Menurut dia, situasi masyarakat kota besar relatif sangat mudah dipengaruhi paham radikalisme dengan iming-iming peningkatan status dan ekonomi masyarakatnya.

"Problem politik dan ekonomi di kota besar lebih mudah dijual dalam masyarakat seperti itu. Agama hanya dijadikan alat untuk melegitimasi seolah kekeliruan itu dibenarkan oleh ajaran agama," ujarnya.

Adapun salah satu modus yang dilakukan oleh kaum radikal adalah dengan mengambil alih Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di lingkungan masyarakat.

"Dakwah masih banyak yang menyampaikan kekerasan, seperti masjid dikuasai komunitas radikal," tegas dia.

Abuddin menilai aksi teror dari kalangan radikalisme sulit untuk dideteksi dini karena pergerakannya yang tertutup. "Negara superpower saja masih kebobolan," katanya.

Meski demikian, dia mengapresiasi sikap Polri dan TNI yang dapat mengatasi kasus itu secara cepat dan profesional.

"Namun, saya anggap penanganan kasus itu sebuah keberhasilan kepolisian dan TNI serta aparat keamanan lainnya," tutup Abuddin.(yn)

tag: #bom-sarinah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement