Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 18 Jan 2016 - 13:09:07 WIB
Bagikan Berita ini :

KOPEL Sebut Evaluasi Kemendagri atas RAPBD DKI 2016 Hanya Formalitas

80KOPEL-SYAMSUDDIN-ALIMSYAH.jpg
Syamsuddin Alimsyah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komite Pemantau Legislatif (KOPEL) Indonesia menyoroti hasil evaluasi Kemendagri atas RAPBD DKI Jakarta Tahun Anggaran 2016 yang disampaikan beberapa waktu yang lalu.

Direktur KOPEL Indonesia, Syamsuddin Alimsyah mengatakan, hasil evaluasi Kemendagri tersebut lemah dan tidak konsisten.

"Harusnya domain evaluasi itu memperkuat singkronisasi kebijakan dan program perencanaan nasional ke daerah. Tapi ini malah abai dengan asyik bermain di angka-angka," kata Syamsuddin kepada TeropongSenayan, di Jakarta, Senin (18/1/2016).

Menurut Syam, sapaan akrab Syamsuddin Alimsyah, harusnya Kemendagri ikut mengawal Undang-undang (UU) kekhususan DKI Jakarta sebagaimana diatur dalam UU No. 29 Tahun 2007.

Misalnya, dengan mengevaluasi, apakah APBD DKI sekarang konsisten dengan percepatan pencapaian RPJMD, yang akan berakhir tahun depan, namun masih setumpuk janji yang belum terpenuhi.

Termasuk juga apakah APBD Jakarta tercermin kebijakan sebagai daerah khusus.

"Jangan-jangan APBD ini sama saja daerah lain, tidak ada kekhususan. Jadi, dalam APBD itu harus tergambar Jakarta sebagai daerah khusus," tegas Syam.

Oleh karena itu, lanjut Syam, dalam melakukan evaluasi terhadap RAPBD DKI, Kemendagri perlu memperhatikan singkronisasi perencanaan tingkat nasional (RPJMN) dengan dokumen perencanaan daerah (RPJMD) dan capaiannya.
Mengingat, tahun 2016 merupakan tahun terakhir periode pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, harusnya Kemendagri juga perlu melakukan evaluasi dari beberapa fasilitas DPRD yang berpotensi masuk domain korupsi tapi nampaknya justru tidak dikritisi Kemendagri.

"Terutama yang berkaitan dengan hak protokoler dan keuangan DPRD," ungkap Syam.

Sebagai contoh hasil evaluasi Kemendagri terhadap RAPBD DKI Jakarta 2016, disebutkan anggaran tunjangan perumahan sebesar Rp 38,7 M, dan anggaran tunjangan komunikasi intensif pimpinanan dan anggota DPRD sebesar Rp 11,4 M.

Dimana dari catatan Kemendagri diminta untuk penentuan besarannya harus diperhitungkan kembali, dan disesuaikan dengan tetap memperhatikan aspek efektifitas, efisiensi, kewajaran, kepatutan, penghematan, dan rasionalitas besaran serta penggunaan anggaran dimaksud dengan mempedomani PP No. 24 Tahun 2004 dan perubahannya.

Syam menuturkan, Kemendagri perlu tegas apa boleh dianggarkan atau tidak. Kalau boleh berapa. Kemendagri juga harus baca regulasi produknya sendiri.

Menurutnya, aturan tunjangan perumahan itu bagi daerah yang belum ada, dan tidak mampu mengadakan perumahan dinas.

"Apa jakarta tidak mampu? Kemendagri harus tegas mengevaluasi disini. Juga tunjangan komunikasi ada regulasinya sesuai klaster keuangannya. Jadi bukan soal asas kepatutan tapi tunduk pada regulasi," imbuhnya.

Hal ini, kata Syam, membuktikan Kemendagri tidak punya tools yang kuat untuk mengevaluasi RAPBD.

"Evaluasi yang dilakukan selama ini cenderung hanya formalitas saja," kritik Syam.‎ (mnx)

tag: #apbd-2016  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...