Berita
Oleh Ahmad Hatim pada hari Sabtu, 06 Feb 2016 - 13:46:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Ribuan Buruh Tuntut Pemerintah Hentikan PHK Massal

72images.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ribuan buruh yang melakukan aksi demonstrasi di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (6/2/2016) menuntut penghentian pemutusan hubungan kerja (PHK) dari sejumlah perusahaan asing di Tanah Air.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, aksi demonstrasi yang dilakukan secara serempak di beberapa kota besar diikuti sekitar 30.000 buruh.

"Tuntuan aksi 30.000 buruh di hari ini adalah untuk menyuarakan dua tuntutan, menolak PHK massal terhadap buruh Indonesia serta menolak upah murah dengan pencabutan PP Nomor 78 Tahun 2015," kata Said saat turut mengawal aksi demonstrasi di depan Istana Kepresidenan.

Selain di Jakarta, aksi demonstrasi buruh juga dilakukan antara lain di kawasan Bogor, Depo, Tangerang, Bekasi, Medan, Surabaya, Semarang dan Batam.

Ribuan buruh telah berkumpul di sekitar Bundaran Patung Kuda (Bundaran Indosat), Jakarta Pusat, sejak Sabtu pagi pukul 10.00 WIB.

Mereka berjalan menuju depan Istana Kepresidenan untuk menyuarakan aspirasi dan keinginan mereka.

Selanjutnya, pukul 12.00 WIB, mereka bergerak menuju ke salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, untuk merayakan hari jadi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) ke-17.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan elektronik asal Jepang dan Korea menutup kantor pabrik perwakilannya di Indonesia sehingga menyebabkan ribuan buruh pabrik di Tanah Air terancam diputus hubungan kerja dan menganggur.

Terkait akan hal itu, Pemerintah berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi di Tanah Air supaya perusahaan-perusahaan meminimalkan pemberhentian tenaga kerja.

"Kami mengusahakan ekonomi tetap berjalan sehingga PHK itu berkurang, kalau perlu justru dibutuhkan tenaga kerja baru. Ekonomi digerakkan ke atas lebih baik lagi dan pertumbuhan juga lebih tinggi lagi," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla.(yn)

tag: #buruh  #demo-buruh  #demo-di-istana  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement