Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 06 Apr 2016 - 11:33:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Ruhut Akui Dirinya Dalang Pemecatan Fahri

63PENCAIRAN_DANA_DESA_2.jpg
Fahri Hamzah (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Koordinator Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengakui bahwa dirinya ikut andil dalam pemecatan Fahri Hamzah oleh DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Saya salah orang yang ikut membisikkan Ketua Dewan Syuro dan Presiden PKS Sohibul Iman sekarang (untuk memecat Fahri)?," ungkap Ruhut di kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (6/4/2016).

Ruhut mengakui dirinya sempat bertemu dengan Presiden PKS Sohibul Iman di bandara pada bulan Desember 2015 kemarin.

"Waktu kita sibuk Pilkada Desember kemarin saya ketemu di bandara dan di situ saya ngomong, karena waktu itu ada kejadian Fahri yang ngamuk-ngamuk pada KPK. Saya bilang, tidak salah itu Fahri ko galak banget," ucapnya.

Anggota Komisi III DPR RI ini mengutarakan, sebelum dipecatnya Fahri dirinya sudah melakukan pembicaraan dengan petinggi-petinggi PKS.

"Tidak salah kalian pelihara saja terus, kalau tidak hancur partai kalian," tutur Ruhut menirukan ucapanya ke Presiden PKS Sohibul Iman.

PKS memecat Fahri Hamzah dari keanggotaan partai karena dianggap tidak mengikuti arahan partai. Surat pemecatan itu sudah diteken oleh Presiden PKS Sohibul Iman.

"Majelis Tahkim memutuskan melalui putusan No.02/PUT/MT-PKS/2016 menerima rekomendasi BPDO yaitu memberhentikan Saudara FH dari semua jenjang keanggotaan Partai Keadilan Sejahtera," jelas Presiden PKS Sohibul Iman dari keterangan resmi PKS, Senin (4/4/2016).

Undang-undang nomor 17/2014 tentang MPR, DPD, DPR, dan DPRD (UU MD3) mengatur mekanisme PAW bagi anggota yang diberhentikan oleh parpol. Aturan itu termuat dalam Pasal 239 ayat 2 huruf g yang berbunyi anggota DPR bisa di PAW apabila:

"Diberhentikan sebagai anggota partai politik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tututp dia.(yn)

tag: #fahri-hamzah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...