Bisnis
Oleh Dispenal-Mabesal pada hari Sabtu, 06 Des 2014 - 12:27:19 WIB
Bagikan Berita ini :
Peringatan Hari Armada RI 2014

TNI AL Siap Dukung Wujudkan Poros Maritim Dunia

54KSAL-Hari Armada RI-Dispenal.jpg
Rangkaian peringatan Hari Armada 2014 di Surabaya, 5 Desember 2014. (Sumber foto : Dispenal-Mabesal)
Teropong Juga:

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr Marsetio dalam amanatnya, menyampaikan bahwa peringatan Hari Armada bukan semata-mata bersifat seremonial belaka melainkan mengandung makna tentang introspeksi dan evaluasi yang terus dilaksanakan oleh jajaran Armada RI terhadap kendala serta permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan penugasan. Selanjutnya permasalahan tersebut diperbaiki agar tercipta prestasi yang membanggakan.

Lebih lanjut KSAL juga menegaskan bahwa Lima Pilar Kebijakan Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sidang KTT Asia Timur Tahun 2014 sangat relevan dengan peran universal Angkatan Laut. Implementasi kelima pilar tersebut sangat erat hubungannya dengan peran dan fungsi komando Armada RI Kawasan. Oleh karena itu, Komando armada RI Kawasan dituntut untuk dapat mendukung visi pemerintah dalam membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Ha itu diungkapkan KSAL saat memimpin Upacara Peringatan Hari Armada RI 2014 Jumat (5/12/2014) di Dermaga Ujung Koarmatim Surabaya. Hadir dalam upacara tersebut Menko Maritim Dwisuryo Indroyono Soesilo, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto, para mantan Kepala Staf TNI AL, Kasum TNI Laksdya TNI Ade Supandi, Wakasal Laksdya TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., Kalakhar Bakorkamla Laksda TNI SM. Darodjatim, para pejabat Mabesal, para Pangkotama, serta segenap undangan lainnya.

Pada upacara tahunan yang berlangsung setiap 5 Desember ini pun digelar berbagai penghargaan kepada KRI dan para prajurit TNI AL yang telah berdedikasi serta berprestasi melebihi panggilan tugasnya, di antaranya, Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Anung Sutanto, Komandan KRI Arung Samudera Mayor Laut (P) Suroto. Kedua komandan kapal ini dianugerahi penghargaan Samkarya Nugraha sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasanya dalam mengharumkan nama bangsa dan negara ketika melakukan muhibah ke luar negeri. Dalam setiap muhibah kedua KRI ini gencar memperkenalkan budaya bangsa Indonesia.

Dua prajurit TNI AL juga dianugerahi kenaikan pangkat luar biasa (KPLB). Mereka adalah Serka Marinir Siswandi anggota Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Koabangdikal Surabaya yang telah menyelamatkan siswanya dari ledakan granat dalam suatu latihan. Sementara itu, Koptu TTU Heri Sukmono telah berhasil menggagalkan upaya perampokan di Malang Jawa Timur.

Beberapa pangkalan TNI AL (Lanal) juga mendapatkan anugerah sebagi Lanal Teladan. Peringkat satu diraih oleh Lanal Lhokseumawe, peringkat dua Lanal Balikpapan, dan peringkat tiga diraih oleh Lanal Tarakan.

Di samping menyerahkan anugerah Lanal Teladan, Kasal juga menganugerahkan penghargaan kepada KRI teladan. KRI Sultan Hasanuddin-366 dari Satkor Koarmatim menempati juara pertama, KRI Banda Aceh-593 dari Satlinlamil Jakarta Kolinlamil menduduki juara kedua, dan KRI Imam Bonjol-383 dari Satkor Koarmabar menempati juara ketiga.

Dalam amanatnya, Kepala Staf TNI AL menyampaikan bahwa peringatan Hari Armada bukan semata-mata bersifat seremonial belaka melainkan mengandung makna tentang introspeksi dan evaluasi yang terus dilaksanakan oleh jajaran Armada RI terhadap kendala serta permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan penugasan. Selanjutnya permasalahan tersebut diperbaiki agar tercipta prestasi yang membanggakan.

Lebih lanjut Kasal juga menegaskan bahwa Lima Pilar Kebijakan Pembangunan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada Sidang KTT Asia Timur Tahun 2014 sangat relevan dengan peran universal Angkatan Laut. Implementasi kelima pilar tersebut sangat erat hubungannya dengan peran dan fungsi komando Armada RI Kawasan. Oleh karena itu, Komando armada RI Kawasan dituntut untuk dapat mendukung visi pemerintah dalam membangun Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Di samping diwarnai dengan parade dan defile, upacara peringatan Hari Armada RI 2014 juga dimeriahkan dengan tarian kolosal yang bercerita tentang perjalanan Armada RI dari masa ke masa. (b)

tag: #Dukung visi poros maritim dunia  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement