Ragam
Oleh Atto Kuat pada hari Kamis, 16 Jun 2016 - 17:10:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Bunga Rafflesia Mekar di Bengkulu

27arnoldi.jpg
Rafflesia Arnoldi (Sumber foto : Istimewa)

BENGKULU (TEROPONGSENAYAN) - Warga Desa Tanjung Heran Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu, menemukan satu kuntum bunga langka Rafflesia arnoldii yang tengah mekar di dalam Hutan Lindung Bukit Daun.

"Kami menemukan mulai mekar kemarin dan hari ini kelima kelopak bunga sudah mekar sempurna," kata Ibnu, warga Desa Tanjung Heran yang menemukan bunga mekar tersebut di kawasan HL Bukit Daun, Kamis (16/6/2016).

Lokasi bunga langka itu berada di habitatnya dalam HL Bukit Daun, tepatnya di Kilometer 45 dari Kota Bengkulu.

Pengunjung tidak perlu bersusah payah masuk ke dalam hutan sebab keberadaan bunga hanya berjarak 5 meter dari pinggir jalan lintas Kota Bengkulu menuju Curup, Kabupaten Rejanglebong.

Selain satu kuntum bunga yang tengah mekar dengan diameter sekitar 60 sentimeter, Ibnu dan rekan-rekannya juga menemukan tiga bonggol atau calon bunga raflesia di sekitar lokasi tersebut.

"Kami sudah membuat posko dan memberi pagar untuk mengamankan bunga dari upaya pengrusakan oleh pihak tidak bertanggung jawab," katanya.

Pantauan di lokasi, Ibnu dan empat orang warga lainnya telah mendirikan tenda di pinggir jalan tersebut dan membentangkan kain bertuliskan pengumuman bunga raflesia mekar.

Mereka juga membuat jalan setapak untuk memudahkan pengunjung menikmati bunga raflesia dari jarak dekat.

"Tenda ini dibangun untuk tempat penginapan karena kalau ditinggal biasanya bunga dirusak atau dicuri orang," ucapnya.

Ibnu mengatakan bahwa pihaknya tidak mengutip retribusi bagi pengunjung hanya mengharapkan sumbangan sukarela bagi mereka yang harus berjaga di dalam hutan itu.

Denny, pengunjung, mengatakan bahwa keunikan Rafflesia arnoldii selalu menarik untuk disaksikan sehingga dirinya beserta teman-temannya mengunjungi lokasi bunga mekar itu.

"Kami dapat informasi dari teman anggota komunitas peduli puspa langka Bengkulu tentang informasi bunga raflesia mekar di Bengkulu Tengah. Makanya, kami langsung ke sini," kata Denny.

Bunga Rafflesia arnoldii merupakan salah satu jenis raflesia yang masih ditemukan di kawasan hutan Bengkulu. Selain jenis arnoldii, tiga jenis bunga raflesia lainnya juga memiliki habitat di hutan Bengkulu, yakni Rafflesia gadutensis, Rafflesia bengkuluensis, dan Rafflesia hasselti. (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...