Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 17 Des 2014 - 18:45:09 WIB
Bagikan Berita ini :
Semua Konstitusional

Pilkada Langsung atau Tak Langsung Untuk Kepentingan Elit Kok

91Akom.jpg
Ade Komarudin, Ketua Fraksi Partai Golkar (Sumber foto : Mulkan Salmun/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tidak usah terlalu repot. Baik pilkada langsung maupun tak langsung sama-sama konstiusional. Namun, dua-duanya belum sepenuhnya mewakili kepentingan publik. Sebab, lebih untuk kepentingan para elit politik. Lho kok?

"Pilkada langsung, hanya kepentingan elit dan calon. Pilkada Tidak langsung, banyak yang juga elit yang berkepentingan," ujar Ade Komarudin, ketua Partai Golkar, pada diskusi "Kontrovesi Pilkada Langsung dan Tidak Langsung" di kantor LSI, Menteng, Jakarta, Rabu (17/12/2014).

Ade mengungkapkan, berbeda dengan Pilpres, Pilkada dapat dilakukan secara pemilihan langsung atau tidak langsung. "Dua-duanya sama tidak menyalahi konstitusi. Tinggal kita memilih yang mana," ucapnya.

Mantan aktivis HMI ini mengaku tidak terlalu terkejut dengan hasil survei Lembaga Survey Indonesia (LSI) yang menyebutkan 84 persen masyarakat menginginkan pilkada langsung. Hanya 5,8 persen yang menginginkan melalui DPRD dan 6,8 persen tidak mempermasalahkan langsung atau tidak.

"Hasil survei tersebut bukan hal yang luar biasa, tanpa disurvei sudah bisa diprediksi," kata Ade yang juga Ketua Fraksi Parti Golkar ini. Wacana tersebut, menurut Ade, hanya merepresentasi kepentingan elit politik semata. Nah. (ris)

tag: #Akom  #LSI  #Pilkada  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement