Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 22 Des 2014 - 19:45:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi III Prihatin Lapas Salemba Melebihi Kapasitas

33Aziz komisi III DPR di Lapas (mandra).jpg
Komisi III DPR saat melakukan kunjungan kerja ke Lapas Salemba, Jakarta Pusat, Senin (22/12/2014) (Sumber foto : Mandra Pradipta/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsudin mengaku prihatin dengan kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba yang melebihi kapasitas dan tidak layak huni.

Saat ini, sebut dia, penghuni Lapas Salemba mengalami lonjakan sebesar 300% dari jumlah daya tampung sebanyak 862 tahanan. "Kami prihatin over capacity sampai 300%. Kalau over capacity ini tidak akan selesai (masalah). Kami dorong ada remisi (agar tidak over kapasitas), asalkan semua syarat dan prosedur dipenuhi," kata Aziz saat kunjungan kerja ke Lapas Salemba, Jakarta, Senin (22/12/14).

Lebih lanjut Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini mengatakan, pemberian remisi bertujuan agar tidak terjadi pelanggaran hak asasi manusia (HAM). "Kita di dalam (penjara) bukan untuk menyiksa tapi membina orang kembali ke masyarakat. Dengan over capacity ini kita sudah melakukan pelanggaran HAM," ujarnya.

Sementara itu anggota Komisi III DPR Ruhut Sitompul menilai harus ada langkah cepat guna mengatasi masalah kelebihan kapasitas penghuni Lapas. "Mereka tetap manusia, kasih semangat dan kasih bantuan," pungkasnya.(yn)

tag: #Lapas Salemba  #DPR  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Optimis MK Kabulkan Gugatan Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 16 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim hukum capres-cawapres nomor urut 03 Ganjar-Mahfud optimis gugatan perselisihan hasil Pemilu 2024 dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu diwakilkan salah satu ...
Berita

Ketua Fraksi PKS Soal Serangan Iran: Israel Biang Kerok Konflik dan Instabilitas Dunia

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyesalkan eskalasi konflik Timur Tengah yang memanas akibat serangan drone-drone dan rudal balistik Iran ke wilayah (pendudukan) Israel. ...