Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Senin, 29 Des 2014 - 16:09:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Amien Dinilai Bukan Lagi Faktor Penentu Ketum PAN

72Amien Rais (eko).JPG
Amien Rais (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dinilai tidak lagi menjadi penentu kemenangan calon ketua umum dalam kongres PAN Maret 2015 mendatang.

"Kemenangan kandidat akan sangat ditentukan oleh seberapa jauh ia punya akar dukungan di DPD tingkat I dan II," ujar pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Agung Suprio kepada TeropongSenayan, Senin (29/12/2014).

Agung menjabarkan, menurunnya pengaruh Amien di partai berlambang Matahari itu disebabkan karena Muhammadiyah tidak lagi sebagai penopang utama PAN. Hubungan Ormas tersebut dengan PAN, lanjut dia, telah menjadi hubungan yang rasional dan juga punya hubungan baik dengan partai politik lain. "Ini berbeda dengan hubungan NU dan PKB. NU ikut mendirikan PKB sehingga hubungan keduanya sangat dekat," papar Agung.

Pengaruh Amien di PAN dinilai sebagai faktor historis bahwa dia merupakan pendiri PAN dan pernah menjadi ketua umum. Agung menduga, mantan Ketua MPR itu akan mendukung Hatta Rajasa sebagai kandidat yang paling kuat ketimbang Zulkifli Hasan meskipun Zulkifli merupakan besan Amien.

"Dukungan Zulkifli dari pengurus PAN di daerah tak sekuat dibanding dengan dukungan yang dimiliki Hatta. Karena itu, Amien merasa lebih aman mendukung Hatta sesuai dengan arah angin," tuturnya.

Kongres PAN akan digelar pada Maret 2015 mendatang. Sejauh ini baru Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan yang secara terbuka menyatakan akan maju sebagai calon ketua umum PAN periode 2015-2020. Hatta saat ini menjabat sebagai ketua umum PAN, sedangkan Zulkifli tengah menjabat ketua MPR RI dan pernah menjabat Sekjen PAN.(yn)

tag: #Ketum PAN  #Amien Rais  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement