Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Rabu, 31 Agu 2016 - 19:03:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Hebat, Ahok Cetak Hattrick Serap APBD Rendah

58ahokdanpalohlagi.jpg
Basuki Tjahaja Purnama Gubernur DKI Jakarta dan Surya Paloh (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta, Abdul Ghoni mengucapkan selamat kepada Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang 'sukses' mencetak hattrick untuk urusan penyerapan APBD DKI.

Hal tersebut merujuk pada keberhasilan Ahok selama tiga tahun berturut-turut selama memimpin DKI, atas buruknya penyerapan APBD.

Diketahui, hingga akhir Agustus 2016, realisasi belanja APBD DKI baru mencapai 29,05 persen. Sedangkan target pendapatan 39,09 persen.

Kondisi ini mengulangi serapan APBD tahun 2014 dan 2015.

"Kok bisa ya Pak Gubernur bikin hattrick penyerapan APBD. Ini rendah banget lho. Kasihan rakyat tidak bisa menikmati hasil-hasil pembangunan," kata Ghoni di DPRD DKI, Jakarta, Rabu (31/8/2016).

Menurut Ghoni, berdasarkan data Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) DKI yang diterima DPRD, dari realisasi belanja sebesar 29,05 persen, ternyata dominan hanya untuk pembayaran rutin gaji pegawai. Sedangkan belanja modal dan jasanya paling rendah, yaitu baru terealisasi 17,81 persen.

Ghoni yang juga menjabat Ketua Harian DPP Forum Komunikasi Ansk Betawi (Forkabi) ini mengungkapkan, rendahnya penyeraan APBD juga menjadi bukti lemahnya soliditas aparatur di Pemprov DKI serta keseriusan untuk membangun Ibu Kota yang lebih baik.

"Visi Gubernur kan Jakarta Baru, kalau sudah begini, apanya yang baru?. Serapan APBD saja rendah begini, bagaimana mau membangun ini itu buat rakyat Jakarta yang nyaman tinggal di kotanya. Gubernur tuh harusnya cerdas membangun Ibu Kota," terang Ghoni.

Ghoni melanjutkan, semestinya dengan anggaran Rp 67 Triliun, Ahok bisa membenahi Jakarta lebih baik, minimal banjir dan macet sudah bisa dikurangi.

"Kalau banjir dan macet bisa dia atasi, nanti enggak ada lagi rakyat kita yang susah. Soalnya serapan APBD ini sebagai barometer Pemprov DKI membangun Kota Jakarta," katanya.

"Sayang banget dengan uang seabreg begitu Gubernur enggak mampu mendorong aparaturnya untuk bekerja sungguh-sungguh untuk rakyat Jakarta," sesal Ghoni. (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...