Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Senin, 05 Sep 2016 - 13:45:23 WIB
Bagikan Berita ini :

BNI-Kemensos Buka 10 e-Warong KUBE PKH Serentak di Bandung

96BNI-E-WARONG-BANDUNG.jpg
Mensos Khofifan Indar Parwansa dan Wakil Direktur Utama BNI Suprajarta meresmikan e_Waroung di Bandung (Sumber foto : bni)

JAKARTA [TEROPONGSENAYAN] – Sebanyak 10 koperasi serba usaha [KSU] masuk dalam daftar Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera atau KMIS. Program itu yang dikembangkan Kementerian Sosial RI dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam bentuk Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik, Program Keluarga Harapan [e-Warong KUBE PKH] terus diperluas jangkauannya.

Sedangkan e-Warong KUBE PKH dibuka di Kota Bandung sebagai awal untuk mempercepat pembukaan e-Warong KUBE PKH lainnya di Provinsi Jawa Barat, dan melengkapi e-Warong KUBE PKH lainnya dari provinsi yang sama sebelumnya, yaitu di Kota Bogor.
Pembukaan e-Warong K UBE PKH di Bandung ini dilaksanakan di e-Warong KUBE PKH "Jadi Barokah” yang dikelola Ibu Ngadini di Kelurahan Binong, Kecamatan Batu Nunggal, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (2/9/2016). Hadir pada kesempatan tersebut Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Walikota Bandung Ridwan Kamil, dan Wakil Direktur Utama BNI Suprajarto.

Peresmian di Batu Nunggal ini menandai dimulai beroperasinya 9 e-Warong KUBE PKH lainnya di Bandung. Ke-9 e-Warong KUBE PKH lainnya adalah; e-Warong KUBE PKH "Juara" di Kelurahan Ciseureuh, e-Warong KUBE PKH "Binangkit" di Kelurahan Sukapada, e-Warong KUBE PKH "Maslahah" di Kelurahan Cibadak, e-Warong KUBE PKH "Motekar" di Keluarahan Cigondewah Kaler, e-Warong KUBE PKH "Maju Jamuga" di Kelurahan Cisurupan, e-Warong KUBE PKH "Ukhuwah" di Kelurahan Pasir Wangi, e-Warong KUBE PKH "Suyunan" di Kelurahan Cibaduyut Kidul, e-Warong KUBE PKH "Sawargi" di Kelurahan Sukawarna, dan e-Warong KUBE PKH "Someah" di Kelurahan Margahayu Utara.

Mensos Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan, e-Warong KUBE PKH adalah ikhtiar pemerintah untuk menyalurkan bantuan sosial dan subsidi secara non tunai. Pada tahap awal, baru 10 e-Warong KUBE PKH yang diresmikan untuk wilayah Bandung. Jumlah itu perlu ditambahkan karena kebutuhan e-Warong KUBE PKH di Bandung adalah sebanyak 62 e-Warong KUBE PKH.

"Dengan e-Warong KUBE PKH ini tidak perlu khawatir sisa uang bantuan sosial akan habis karena tersimpan di tabungan yang disediakan BNI. e-Warong KUBE PKH juga akan menghilangkan ketergantungan warga Bandung terhadap rentenir," ujarnya.

E-Warong KUBE PKH Jadi Barokah yang diresmikan operasionalnya di Bandung tersebut merupakan e-Warong KUBE PKH ke-18 yang dikembangkan oleh BNI dengan dukungan penuh Kemensos RI. Sebelumnya di Malang, BNI telah membuka 6 e-Warong KUBE, kemudian masing-masing 2 e-Warong KUBE PKH di Sidoarjo dan Surabaya, dan masing-masing 1 e-Warong KUBE PKH di Mojokerto, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta. BNI juga telah membuka 1 e-Warong KUBE PKH di Johar Baru, Jakarta yang menjadi lokasi peluncuran pertama e-Warong KUBE PKH bank-bank milik negara yang terhimpun dalam Himbara.

Sebagai bank yang mengembangkan jaringan Branchless Banking dalam program Laku Pandai, BNI menjadikan e-Warong KUBE PKHsebagai agen Laku Pandai BNI, yang dinamai Agen46. Sebagai Agen46, e-Warong KUBE PKH “Jadi Barokah” dapat membukakan rekening bagi para anggota koperasinya, yang nantinya akan menampung dana Bantuan Sosial dan Subsidi.

Selain buku tabungan, anggota koperasi akan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yang nantinya akan digunakan sebagai sarana untuk melakukan transaksi secara digital.Pemilik KKS yang juga penerima manfaat Bantuan Sosial dan Subsidi dapat mencairkan bantuan dari pemerintah tersebut di seluruh jaringan e-Warong KUBE, seluruh outlet dan ATM BNI, maupun jaringan yang dimiliki oleh bank-bank milik negara, yaitu BRI, Mandiri, dan BTN.

e-Warong KUBE PKH juga beroperasi sesuai dengan konsep Rumah Pangan Kita yang dikembangkan oleh Bulog. Dengan demikian, pada satu e-Warong KUBE, tertanam juga fungsi sebagai penjual barang-barang kebutuhan pokok (Rumah Pangan Kita) plus fungsi sebagai Branchless Banking (sebagai Agen46), sehingga menjadi sebuah perpaduan yang lengkap.

Aplikasi Minimarket
Suprajarto menjelaskan, salah satu keunggulan utama KKS adalah adanya dua sistem yang tertanam di dalamnya. Yaitu, sistem Saving Account sekaligus sebagai e-Wallet. Dengan fungsi tersebut, penerima manfaat bantuan sosial dapat membelanjakan dana bantuan sosial atau subsidi untuk pembelian bahan kebutuhan pokok, atau menarik dana bantuan sosial secara tunai.

"Apabila ada sisa dana di dalam tabungan, akan kami berlakukan seperti tabungan lain di BNI, sehingga tetap mendapatkan bunga. Seluruh e-Warong KUBE PKH adalah Agen46 yang kami lengkapi dengan aplikasi minimarket yang terintegrasi, sehingga akan memudahkan proses penjualan dan pemesanan barang," ujarnya.
Sebelumnya, pembentukan e-Warong KUBE PKH dan uji coba KKS telah dilakukan oleh BNI bersama Kementerian Sosial RI, di sebelas kota, yaitu Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, DKI Jakarta, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, Kulon Progo, dan Kota Yogyakarta.

Saat uji coba, pengelola e-Warong KUBE PKH dan penerima manfaat diajak untuk mencoba bertransaksi dengan menggunakan KKS dan mesin Electronic Data Capture (EDC). Dengan KKS dan EDC itu, penerima manfaat akan memperoleh informasi saldo dana bantuan sosial dan subsidi yang mereka miliki, kemudian membelanjakan dana bantuan tersebut di e-Warong KUBE PKH.

Dengan dukungan sistem dari BNI ini, penyaluran bantuan sosial yang diterima masyarakat akandilakukan secara non tunai. Dana bantuan itu langsung masuk ke rekening penerima manfaat. Selanjutnya dana tersebut dapat digunakan untuk membeli barang yang telah ditetapkan di e-Warong KUBE PKH, melakukan tarik tunai, atau tetap disimpan di dalam Tabungan.KKS juga dapat difungsikan sebagai kartu debit yang dapat bertransaksi di ATM. [b]

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement