Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 14 Okt 2016 - 08:58:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Lemkapi Minta Polri Usut Kasus Ahok Usai Pilkada

85Ahok-3.jpg
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) meminta Polri agar menyidik kasus yang melibatkan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai Pilkada 2017.

"Kami ingatkan agar Polri tidak dijadikan alat politik," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan melalui keterangan tertulis, Jumat (14/10/2016).

Edi mengatakan, penyidik Mabes Polri dapat melakukan penyelidikan, namun sementara tidak masuk penyidikan hingga selesai pelaksanan Pilkada DKI Jakarta 2017.

Edi menyampaikan, kasus serupa kerap muncul pada sejumlah Pilkada untuk melemahkan salah satu bakal calon kepala daerah.

Mantan komisioner Kompolnas itu juga mengimbau seluruh elemen masyarakat turut menjaga keamanan ketertiban masyarakat dan tidak terprovokasi yang bertujuan mengganggu situasi dan menggagalkan Pilkada. Edi menambahkan Polri juga harus menjaga netralitas atau tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon kepala daerah.

Sebelumnya, dua organisasi masyarakat yakni Forum Anti Penistaan Agama (FUPA) dan Pemuda Muhammadiyah melaporkan Ahok terkait dugaan penistaan agama ke Polda Metro Jaya yang dilimpahkan ke Mabes Polri. FUPA yang terdiri dari Ikatan Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (IKA UMSU) se-Jabodetabek, Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah se-Nusantara (Kauman) dan Lembaga Advoksi Konsumen Muslim Indonesia (LAKMI) melaporkan Ahok ke Polda Metro Jaya.

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/4858/X/2016/PMJ/Dit.Reskrimum, FUPA melaporkan Ahok dugaan melanggar Pasal 156 ayat a KUHP tentang penistaan agama. Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) bersama Novel Bakmumin juga melaporkan Ahok ke Bareskrim Polri atas tuduhan penistaan agama pada Kamis (6/10).

Indonesia Police Watch (IPW) menilai tidak ada alasan bagi Polri untuk menunda proses pemeriksaan terhadap Ahok. "Penundaan proses pemeriksaan hanya akan membuat kegaduhan dan bukan mustahil akan membuat konflik dan benturan di ibu kota Jakarta menjelang pilgub," ujar Presidium IPW Neta S Pane, Rabu (12/10/2016).

Selasa (11/10/2016) lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyatakan sikap keagamaan terkait kasus video Ahok di Kepulauan Seribu. MUI mengkategorikan Ahok telah menghina Alquran dan atau menghina ulama.

Ketua MUI Ma'ruf Amin menegaskan perbuatan Ahok tersebut memiliki konsekuensi hukum dan aparat hukum wajib menindak tegas setiap orang yang melakukan penodaan dan penistaan terhadap Alquran, ajaran agama Islam, dan para ulamanya.

"Pernyataan Ahok yang mengatakan kandungan surah Al Maidah ayat 51 yang berisi larangan menjadikan Yahudi dan Nasrani sebagai pemimpin adalah sebuah kebohongan termasuk penodaan terhadap Alquran dan hukumnya haram," jelas Ma'ruf.(yn/ant)

tag: #ahok  #bareskrim-polri  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pasca Pemilu, Ketua Fraksi PKS Jazuli: Siap Kolaborasi Bangun Bangsa

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 29 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menyatakan pihaknya tidak pernah membatasi diri pasca Pemilu 2024. Menurutnya PKS adalah partai politik yang konsisten mendorong ...
Berita

Ahmad Najib Prediksi Timnas Indonesia Menang 2-1 Lawan Uzbekistan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI Ahmad Najib Qodratullah optimis Timnas Indonesia bakal menaklukan Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 yang digelar di Stadion Abdullah bin ...