Berita
Oleh Emka Abdullah pada hari Selasa, 13 Jan 2015 - 16:49:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Budi Gunawan Jadi Tersangka, KPK Tampar Presiden Jokowi

22Margarito (eko).jpg
Margarito Kamis (Sumber foto : Eko S Hilman/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Berbagai tafsir muncul menyusul penetapan status tersangka terhadap Komjen (Pol) Budi Gunawan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tafsir itu muncul karena Komjen Budi Gunawan baru saja diajukan sebagai calon Kapolri oleh Presiden.

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menilai, pesan kuat yang disampaikan KPK dengan penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka adalah tamparan terhadap Presiden Joko Widodo.

"Dengan menetapkan calon Kapolri sebagai tersangka berarti KPK ingin menampar Presiden. Pesan lainnya KPK mengatakan kepada Presiden 'keputusan anda tidak kredibel'," ujar Margarito saat dihubungi TeropongSenayan, Selasa (13/1/2015).

Apa yang dilakukan KPK, menurut dia, juga merupakan bentuk delegitimasi terhadap keputusan Presiden Jokowi yang telah mengajukan Budi Gunawan sebagai calon Kapolri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo keukeuh mengajukan Komjen Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri, meskipun penolakan mengalir dari berbagai pihak. Namun, orang nomor satu di Indonesia itu berdalih hal tersebut merupakan hak prerogatifnya tanpa harus meminta masukan dari KPK dan PPATK. Berbeda saat pengajuan Jenderal Sutarman sebagai calon Kapolri, PPATK dilibatkan untuk menelusuri rekam jejak transaksi keuangannya.(yn)

tag: #Budi Gunawan  #KPK  #Rekening Gendut  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...
Berita

Dave Laksono Hadiri acara Digital and Intelligent APAC Congress 2024 Bangkok

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Di era baru yang terus berkembang, teknologi seperti Al dan Cloud mendorong batasan desain bisnis, meningkatkan produktivitas, dan mentransformasi model bisnis. Ketika ...