Jakarta
Oleh Alfian Risfil pada hari Sabtu, 29 Okt 2016 - 19:10:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Dibuang Asal-asalan, Tumpukan Sampah Bantar Gebang Longsor

91bantar-gebang.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Diduga akibat dibuang asal-asalan, tumpukan sampah di salah satu titik di TPST Bantar Gebang, Kota Bekasi, mengalami longsor parah. ‎Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Zulkifli (32), salah seorang warga sekitar TPST Bantar Gebang mengatakan, longsornya sampah yang terjadi tiba-tiba itu berlangsung sekitar pukul 14.00 WIB.

"Tumpukan sampahnya sudah terlalu tinggi, tetapi tetap dipaksakan dibuang di tempat yang sama. Sehingga sampahnya longsor," kata Zulkifli, Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Dihubungi terpisah, Pengamat Kebijakan Publik Budgeting Metropolitan Watch (BMW), Amir Hamzah mengaku tidak terkejut dengan peristiwa sampah longsor di TPST Bantar Gebang.
‎‎
Sebab, kata dia, sejak TPST dikelola Dinas Kebersihan DKI Jakarta, kondisinya justru jadi amburadul.‎

"Mungkin sopir-sopir truk pengangkut sampah sudah kelelahan karena harus antre sampai 12 jam. Jadi mereka asal buang sampah saja tanpa memperhitungkan resikonya," jelas Amir.

Amir menuturkan, hal itu diperparah dengan kinerja operator eskavator yang tidak profesional. Belum lagi minimnya ketersediaan alat berat.

Amir juga menilai ketinggian tumpukan sampah di TPST Bantar Gebang sudah tidak ideal lagi dan rawan longsor.

"Kondisinya memang rawan terjadi longsor, bahkan tidak menutup kemungkinan nanti akan memakan korban jiwa bagi pemulung atau warga yang beraktivitas di sekitar," pesan Amir.(yn)

tag: #tpst-bantar-gebang  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...