Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 11 Nov 2016 - 07:32:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Terbesar Kelima, DPR Dorong Kemenkes Optimalkan Anggaran Kesehatan

29ahmadzainuddin.jpg
Anggota Komisi IX DPR Ahmad Zainuddin (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Anggota Komisi IX DPR Ahmad Zainuddin mendorong Kementerian Kesehatan untuk mengoptimalkan anggaran kesehatan dalam APBN 2017 untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

"Saat ini kualitas sumber daya manusia sudah cukup membaik yang dibuktikan dengan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tiap tahun. Namun, angka perokok aktif di Indonesia masih sangat besar," kata Zainuddin kepada TeropongSenayan, Jakarta, Jumat (11/10/2016).

Zainuddin mengatakan, anggaran kesehatan menjadi alokasi terbesar kelima di APBN 2017. Jumlahnya mencapai Rp 104 triliun, atau 5 persen dari APBN.

"Angka ini cukup besar. Saya berharap pemerintah benar-benar dapat mengoptimalkan anggaran ini, supaya kualitas kesehatan masyarakat meningkat," ujarnya.

Politisi PKS ini mendorong optimalisasi anggaran kesehatan, lantaran peningkatan IPM Indonesia tiap tahun tersebut tidak diimbangi dengan perkembangan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia. Hal itu dapat dicontohkan dengan angka perokok aktif di Indonesia yang masih sangat tinggi.

Data dari The Tobacco Atlas pada tahun 2015, menyebutkan Indonesia meraih peringkat satu dunia untuk jumlah pria perokok di atas usia 15 tahun. Data tersebut menunjukkan, sekitar 66 persen pria di Indonesia menjadi perokok aktif. Sementara Rusia 60 % dan China 53 %. Di Asia Tenggara, Filipina (48 %), Vietnam (47 %), Thailand (46 %), dan Malaysia (44 %).

"Pemerintah harus tegas, memperketat kebijakan tentang rokok. Rokok ini sumber berbagai penyakit," ucapnya.

Oleh karenanya, Zainuddin mengajak masyarakat untuk mulai melakukan gaya hidup sehat. Caranya adalah menyediakan ruang kampanye yang luas dan kebijakan infrastruktur pelayanan yang mendukung program tersebut.

"Misalnya, pemerintah harus menyediakan transportasi publik yang baik dan sehat, perbanyak fasilitas olah raga, perbanyak ruang tanpa rokok, perbanyak ruang terbuka hijau, hingga kebijakan pengetatan rokok. Pemerintah harus jadi teladan gaya hidup sehat," pungkasnya. (plt)

tag: #anggaran-kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...