Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 09 Feb 2017 - 10:24:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi: Media Sosial Memusingkan Pemerintah

68Jokowi-setkab.jpg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : Rumgapres)

AMBON (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara puncak Hari Pers Nasional di Lapangan Polda Maluku, Kota Ambon, Kamis (9/2/2017).

Dalam kesempata itu, Jokowi menyoroti keberadaan media sosial (Medsos), yang menjadi salah satu tantangan besar bagi media arus utama (mainstream).

"Saat ini jagat media arus utama menghadapi tantangan besar dengan hadirnya media sosial," kata Jokowi.

Ia mengatakan, Medsos kini digandrungi banyak orang, mulai kalangan masyarakat, pejabat pemerintah daerah, pusat hingga Presiden.

"Semuanya main Medsos. Ada yang senang main Twitter, Instagram, Path, Facebook, semuanya gandrung media sosial. Dan sementara satu per satu media arus utama yang tidak mampu bersiasat, yang tidak mampu beradaptasi, ini kecenderungan di seluruh dunia, dan kita harapkan di Indonesia tidak terjadi, mulai berguguran," ungkapnya.

Tak hanya bagi media, Jokowi mengutarakan bahwa Medsos juga menjadi tantangan terbesar pemerintah. Hal ini juga terjadi di banyak negara.

"Media sosial juga memusingkan pemerintah. Ini yang saya dengar dari perdana menteri, presiden yang saya temui semua mengeluhkan. 'Presiden Jokowi, kalau media arus utama masih bisa kita ajak komunikasi, kita ajak bicara, tapi medsos siapa yang bisa memagari'. Inilah keterbukaan yang semua negara menghadapi. Jadi bukan hanya Indonesia menghadapi fenomena ini, tapi seluruh negara mengalami," jelas Jokowi.

Namun, mantan Wali Kota Surakarta itu optimis, meski digempur media sosial, media mainstream tidak akan hilang.

"Sebagaimana radio tidak akan hilang digantikan televisi, keduanya akan sama-sama eksis karena bis saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi," katanya.

"Medsos unggul karena kecepatan, karena menilai aktualitas, sementara media arus utama menonjol karena akurasi, karena kedalaman materi-materinya," tuntasnya.(yn)

tag: #jokowi  #media-sosial  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...