Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Sabtu, 29 Apr 2017 - 06:04:09 WIB
Bagikan Berita ini :

Gawat, 26 BUMN Rugi Triliunan Rupiah

47kementerianbumn.jpg
Gedung Kementerian BUMN (Sumber foto : ist)

BOGOR (TEROPONGSENAYAN) - Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan, sebanyak 26 Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengalami kerugian pada triwulan pertama 2017 senilai Rp 3,8 triliun.

"Pada periode yang sama tahun 2016 BUMN yang mengalami kerugian sebanyak 27 dengan nilai Rp3,2 triliun," ungkapnya di Bogor, Jawa Barat, Jumat (28/4/2017).

BUMN pada 2017 ditargetkan yang mengalami kerugian akan ditekan hingga mencapai hanya lima, dengan nilai kerugian senilai Rp499 miliar.

Perum Badan Urusan Logistik (Bulog), menurut dia, menyumbang kerugian terbesar pada triwulan pertama 2017 dengan menunjukkan angka kerugian senilai Rp903 miliar.

"Ini hanya siklus. Nanti biasanya kondisi pada triwulan selanjutnya akan membaik," ujarnya.

Sementara itu, Kementerian BUMN berhasil memcatat laba pada triwulan pertama 2017 senilai Rp39 triliun. Target laba yang ingin dicapai pada 2017 senilai Rp197 triliun, dan aset pada triwulan pertama mencapai Rp6.560 triliun.

Imam menjelaskan, biaya bisnis yang dikeluarkan (Capital Expenditure/Capex) pada triwulan I terbilang agresif senilai Rp54 triliun, namun masih minus 88,4 persen dari target, yaitu Rp468 triliun.

Oleh karena itu, BUMN dituntut untuk mampu bersaing dengan swasta baik di tingkat nasional, regional, maupun internasional. BUMN diharapkan dapat memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya terhadap perekonomian nasional antara lain berupa setoran dividen dan pajak.

Sebagai agen pembangunan (agent of development), BUMN akan terus ambil bagian dalam berbagai proyek pembangunan guna mendukung realisasi program-program pemerintah yang meliputi proyek infrastruktur, maritim, energi, serta proyek lainnya. (plt/ant)

tag: #bumn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...