Berita
Oleh Sahlan pada hari Selasa, 16 Mei 2017 - 16:48:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Reklamasi Bakal Perparah Banjir Jakarta, Pakar ITB Beberkan Penjelasannya

39reklamasi-di-teluk-jakarta-151215-rn-2.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pakar teknik kelautan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Muslim Muin memberikan penjelasan soal potensi banjir yang lebih parah jika reklamasi Jakarta diteruskan.

Menurutnya, adanya reklamasi tidak akan menghalangi air laut untuk masuk ke daratan. Justru, terang Muslim, air laut semakin cepat penetrasi ke kanal-kanal yang direklamasi, sehingga memicu banjir yang semakin parah.

"Secara fisik kalau dikeruk gelombangnya jadi kemana dia, kalau pulau-pulau kita hilang akan menghajar pantai kan," jelas Muslim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Menurut dia, air laut di Jakarta tidak mungkin naik, justru daratan yang cenderung turun. Naik-turunnya air laut itu, kata Muslim, tidak berlangsung ilmiah yang dipengaruhi fenomena pasang-surut.

Selain itu, Muslim menerangkan juga akan menghambat aliran air 13 sungai ke Teluk Jakarta.

"Saya melihat banyak yang memutarbalikkan fakta dan logika bahwa reklamasi akan melindungi Jakarta dari tenggelam itu kan tidak benar," tegasnya.

Menurutnya, DKI Jakarta tak perlu reklamasi. Pasalnya, hal itu bukan solusi untuk mengatasi banjir malah akan semakin memperparah banjir di DKI Jakarta.

"Reklamasi itu bukan solusi untuk penurunan muka tanah. Solusinya cukup buat tanggul pantai yang mengalami penurunan. Kan tidak semua pantai yang mengalami penurunan," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemetintah tetap ingin proyek reklamasi Teluk Jakarta dilaksanakan karena urgensi dan fungsinya bagi keberlanjutan wilayah DKI Jakarta.
Menurutnya belum ada alasan untuk menghentikan proyek reklamasi melihat kondisi Jakarta saat ini.

"Enggak ada alasan kita membatalkan sampai hari ini, ya, saya enggak tahu nanti setelah hasil studinya keluar, tapi mestinya enggak ada sih, karena kalau itu ndak kita laksanakan, Jakarta itu turun antara 8 cm sampai 23 cm," kata Luhut.(yn)

tag: #reklamasi-pantai-utara-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...