Jepang Siapkan UU yang Memungkinkan Kaisar Turun Tahta
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 19 Mei 2017 - 15:37:29 WIB

Bagikan Berita ini :

59KaisarAkihito.jpg
Sumber foto : ist
Kaisar Akihito

 

TOKYO (TEROPONGSENAYAN)--Kabinet Jepang menyetujui sebuah rancangan undang-undang (RUU) pada Jumat (19/5/2017) yang memungkinkan Kaisar Akihito mengundurkan diri.

Kaisar yang berusia 83 tahun itu pernah menjalani operasi jantung dan pengobatan kanker prostat. Ia mengatakan dalam sambutan umum yang langka tahun lalu, bahwa dirinya khawatir usia mungkin akan menyulitkannya untuk memenuhi tugasnya.

Akihito telah berusaha untuk "mengobati luka" baik di dalam dan luar negeri akibat Perang Dunia Kedua. Dia membawa keluarga kaisar lebih dekat ke orang Jepang. Dia akan digantikan oleh Putra Mahkota, Naruhito (57).

RUU tersebut akan dikirim ke parlemen, dimana anggota parlemen bertujuan untuk menyebarkannya sebelum sesi ini berakhir bulan depan.

"Pemerintah berharap untuk kelancaran perundang-undangan," kata Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dalam sebuah konferensi pers.

Meskipun tidak ada konfirmasi mengenai rencana pasti pengunduran diri kaisar, namun media mengatakan bahwa hal tersebut kemungkinan akan terjadi pada akhir 2018, yang akan menandai hampir 30 tahun penuh tahta kaisar.

Pelepasan tahta kaisar tidak mungkin dilakukan berdasarkan hukum saat ini, sedangkan terakhir kali seorang kaisar mengundurkan diri pada tahun 1817.

RUU itu adalah peraturan satu kali yang memungkinkan Akihito untuk mengundurkan diri, tanpa ketentuan untuk kaisar masa depan. (plt/ant)

 

tag: #jepang  

Bagikan Berita ini :

Tanggapan Anda atas berita ini?
TSPOLING

Tidak ada Poling untuk saat ini