Profil
Oleh Aris Eko pada hari Sabtu, 14 Feb 2015 - 21:49:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Robert Joppy, Tak Lelah Mencintai Tanah Papua

92RJK_1423898761076.jpg
Robert Joppy Kardinal, Anggota Fraksi Partai Golkar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tanah Papua bagi Robert Joppy Kardinal adalah segalanya. Kendati bertahun-tahun merantau ke Jakarta, kecintaan Joppy kepada tanah kelahirannya tak pernah padam.

Joppy memang lahir di tanah Papua. Tepatnya, di pulau Doom, Sorong pada 7 April 1960. Masa kanak-kanak hingga SMA dia habiskan di kota ini. Setelah itu Yoppy merantau dan bekerja di Jakarta.

Anggota Komisi IV ini begitu perhatian dengan kondisi Papua. Saat rapat dengan Menteri Susi Pudjiastuti, misalnya dia suarakan keluhan nelayan Papua yang kesulitan menampung ikan hasil tangkapan.

"Semenjak kapal asing besar diusir, tangkapan ikan nelayan di Papua tidak ada yang menampung. Kini mereka mengeluhkan. Tolong bisa dipikirkan bu Menteri," kata Joppy saat rapat kerja dengan Menteri Susi Pudjiastuti di Jakarta, Senin (26/1/2015).

Ketua Bidang Ketenagakerjaan DPP Partai Golkar ini juga bersuara keras menolak rencana PT Freeport Indonesia membangun smelter di Gresik. Dia terus berjuang agar perusahaan asal Amerika ini membangun pemurnian dan pengolahan konsentrat tembaga di tanah Papua.

Menurut pencetus Kaukus Papua ini saatnya Kawasan Indonesia Bagian Timur menjadi pilihan tempat industrialisasi berbasis sumber daya alam. Sebab cara inilah yang bisa mendongkrak perekonomian Papua.

Joppy juga sangat perhatian terhadap konstituen di daerah pemilihannya. Setiap reses, suami Wiwik Ariyani ini senantiasa menaspirasi, pemilihnya di daerah Papua Barat terutama di Sorong. Beragam aktivitas dia lakukan bersama warga saat reses.

Seperti menggelar pertemuan dengan warga guna menjaring aspirasi maupun melakukan kunjungan kerja. Beberapa waktu lalu mantan pengurus DPP Pemuda Panca Marga, DPP KNPI, AMPG dan Depinas Soksi ini juga menggelar pertandingan sepak bola untuk anak-anak di Sorong.

Sarjana Universitas 17 Agustus, Jakarta ini juga menjadi tumpuan anak-anak muda asal Papua yang merantau ke Jakarta. Joppy memang rajin memberikan beasiswa, bantuan sosial maupun kesehatan bagi warga asal Papua di Jakarta. Berbagi bukti kecintaan Joppy bagi Papua.(ris)

tag: #robert joppy  #papua barat  #freeport  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Profil Lainnya
Profil

Nata Irawan, Anak Pasar yang Pernah Jadi Pj. Gubernur

Oleh Aris Eko
pada hari Jumat, 15 Sep 2023
TEROPONG SENAYAN-- Lahir dari orang tua asal pelosok desa di Lampung dan lekat dengan kehidupan keras di pasar di Jakarta bukan menjadi halangan bagi remaja Nata Irawan meniti karir dan kehidupan. ...
Profil

Forum FIP-JIP dan Peta Jalan Pendidikan 318

Pada 9-11 November 2021, Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Forum Fakultas Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) dari seluruh Lembaga Pendidikan ...