Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Sabtu, 10 Jun 2017 - 08:18:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Anies Dapat Hadiah Potongan Kiswah dari Ulama Mekah

25aniesulamamekah.jpg
Anies Baswedan mendapat hadiah potongan Kiswah dan Alquran bersampul kain serupa dari para ulama Mekah (Sumber foto : Alfian Risfil/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Gubernur DKI Jakarta Terpilih Anies Baswedan mendapatkan hadiah berharga potongan Kiswah (kain penutup Kabah) dan Alquran bersampul kain serupa dari para ulama Kota Mekah.

Juru bicara Anies-Sandi, Naufal Firman Yursak mengatakan, ‎usai melaksanakan tarawih, Kamis (8/6/2017) sekitar pukul 01.00 waktu Mekah, Anies diundang jamuan makan malam dengan sejumlah ulama dan tokoh masyarakat setempat. Dalam pertemuan tersebut, banyak hal yang dibahas.

"Usai pertemuan, para ulama itu memberikan Pak Anies potongan Kiswah," ujarnya, Jumat (9/6/2017).

Kiswah adalah selimut penutup Kabah. Potongan yang diberikan kepada Anies adalah kaligrafi bertuliskan Yaa Hayyu Yaa Qayyum dan berukuran 80 cm x 60 cm. Selimut Kabah itu dibuat dari sutera murni dengan warna hitam pekat. Sementara benang bordir kaligrafi terbuat dari semacam kawat lembut berlapiskan emas dan perak yang membentuk kaligrafi ataupun ornamen.

Yang menarik, lanjut Naufal, awalnya mereka tidak memberitahu dari bagian mana potongan Kiswah tersebut. Setelah itu, baru diberitahu bahwa tulisan yang berarti Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri itu berasal dari Multazam. Yakni area antara pintu Kabah dan Hajar Aswad. ‎

"Salah satu tempat mustajab untuk berdoa," ucapnya.

Potongan Kiswah yang diberikan adalah dari salah tempat paling mustajab dan spot yang sering muncul dalam foto-foto Kabah.

Usai memberi Kiswah, mereka pun berpesan kepada Anies, bahwa Kiswah itu sebagai pengingat dari Baitullah bahwa manusia adalah makhluk. Oleh karenanya harus beribadah kepada Allah.

"Yakni nanti saat bertugas menjadi gubernur, apa yang dilakukan itu adalah bagian dari ibadah," lanjut Naufal.

Tak hanya itu, Syekh Khalid al Hamudi, salah seorang ulama terkemuka Mekkah juga memberikan satu set Alquran. Alquran tersebut juga spesial karena sampulnya juga bagian dari Kiswah. Aromanya pun sangat khas parfum Kabah.

"Pesannya juga ‎agar selalu mengamalkan Alquran," ujar Naufal.(plt)‎

tag: #anies-baswedan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement