Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 12 Jun 2017 - 08:00:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Harga Cabai Merah di Sumbar Anjlok

67cabaimerah.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

PESISIR BARAT (TEROPONGSENAYAN) - Harga cabai merah besar di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, terus turun dalam dua pekan terakhir hingga saat ini anjlok nmenjadi Rp 10 ribu per kilogram (kg).

"Pekan ke empat Mei 2017 harga cabai masih Rp 32 ribu per kilogram namun secara terus menerus turun bahkan di pasar tradisional Lakitan ada yang dijual Rp 8.000 per kilogram," kata seorang warga Kecamatan Lengayang, Sartika (45) di Painan, Senin (12/6/2017).

Selain harga cabai merah besar, harga bawang merah juga turun menjadi Rp 14 ribu per kg atau turun Rp 2.000 dari pekan sebelumnya. Warga Kecamatan Sutera, Ika (28) mengatakan hal serupa, harga cabai merah besar di pasar tradisional Surantih hanya pada kisaran Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kg.

"Tergantung kondisi jika agak bagus maka harganya Rp12 ribu per kilogram," ujarnya.

Pihaknya menyambut baik turunnya berbagai harga kebutuhan pokok pada Ramadhan sehingga pengeluaran bisa ditekan.

"Kami bersyukur beberapa pekan terakhir harga kebutuhan pokok turun, berbeda dengan Ramadhan tahun sebelumnya yang harga-harga kebutuhan pokok terus melejit hingga masuknya Lebaran Idul Fitri," kata dia.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM Perdagangan dan Perindustrian Pesisir Selatan, Firdaus mengatakan turunnya harga berbagai kebutuhan pokok disinyalir karena stok yang melimpah. Walau demikian pihaknya mengaku akan terus memantau pergerakan harga jika kenaikan harga sudah masuk ke tahap yang tidak wajar, maka akan digelar operasi pasar.

Kegiatan tersebut dimaksud untuk menstabilkan harga karena dengan bertambahnya bahan kebutuhan yang beredar dengan sendirinya harga bisa ditekan. (Ant/icl)

tag: #cabai  #harga-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...