Berita
Oleh syamsul bachtiar pada hari Jumat, 23 Jun 2017 - 07:43:57 WIB
Bagikan Berita ini :
Mudik 2017

Sidak di Priuk dan Pulo Gebang, Ini Catatan DPD

79mudiktanjungpriuk.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pelabuhan Tanjung Priok dan Terminal Pulo Gebang guna mengecek kesiapan moda transportasi laut dan darat Mudik Lebaran 2017. Terdapat beberapa hal yang menjadi catatan DPD.

"Saya cek dari fasilitas di sini sudah cukup baik. Ada posko kesehatan, posko keamanan juga fasilitas lainnya seperti musola, tempat istirahat seperti hotel yang menjadi keunggulan dari moda transportasi laut dan darat,” tegas Nono kepada wartawan, Kamis (22/6/2017).

Nono didampingi Wakil Ketua Komite III DPD Fahira Idris, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priuk, Nyoman Gede dan lain-lain. Menurut Fahira promosi moda transportasi laut masih kurang sehingga terjadi tren penurunan pemudik via laut.

"Saya melihat fasilitas sudah baik, hanya saja kurang maksimal promosinya. Bayangkan jika Pelindo bisa promosi ke perusahaan yang ingin mengadakan mudik gratis kepada karyawan dan masyarakat sekitar, maka penggunaan moda transportasi laut ini akan menyerap penumpang yang cukup banyak," kata senator dari Dapil Jakarta ini.

Nyoman Gede mengatakan pada H-3 belum terjadi lonjakan penumpang. Bahkan ada kecenderungan turun dalam lima tahun terakhir, mungkin karena masyarakat beralih ke kereta api dan maskapai penerbangan. Padahal, dermaga penumpang seluas 170 M ini cukup untuk menampung pemudik dengan diimbangi frekuensi perjalanan kapal yang hilir dan mudik.

Nono berharap masyarakat luas bisa mengetahui fasilitas yang baik di transportasi laut. "Kami hadir untuk mengecek dan mengukur kesiapan pemerintah menghadapi Mudik Lebaran 2017. Diharapkan dengan adanya publikasi media ini akan menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang kesiapan pemerintah dalam mengakomodir kegiatan warga yang mudik," ujar senator dari dapil Maluku itu.

Selain Pelabuhan Tanjung Priuk, sidak juga dilakukan di terminal bus Pulo Gebang.

"Saya melihat sudah dijamin keamanan dan keselamatan penumpang, karena sebelum bertugas, sopir bus dites urin untuk memastikan bebas alkohol dan narkoba," ujarnya.

Kesiapan bus dengan running check juga sudah berjalan baik. "Peningkatan pelayanan harus baik, kalau terminal seperti ini harus sistem online dan mengurangi calo. Terminal sudah bagus, modern dan harus diimbangi teknologi yang modern juga," kata Nono. (plt)

tag: #arus-mudik-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement