Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 25 Jul 2017 - 08:50:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Bela Negara, Golkar Bisa Berperan Cegah Peperangan Asimetris

11muradi-unpad.jpg
Muradi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Partai Golkar beserta organisasi sayapnya bisa mengambil peran untuk mencegah terjadinya peperangan asimetris. Langkah itu dinilai sebagai bentuk bela negara.

Demikian disampaikan Ketua Pusat Studi Politik dan Keamanan (PSPK) Universitas Padjadjaran Bandung Muradi dalam acara Pengajian Kebangsaan serta diskusi bersama ‘Menangkal Perang Asimetris dan Upaya Penguatan Ideologi Pancasila’ yang digelar Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) di Jakarta, Senin (24/7/2017).

"Kesiapan kita sebagai negara, kita sebagai personal sebagai bagian dari peperangan asimetris. Nah ini bisa dilakukan oleh AMPG dan Partai Golkar," ucapnya

Ia juga menilai, peperangan asimetris terdapat empat macam yaitu terorisme, separatisme, peperangan siber dan peperangan proxy.

"Langkah-langkah negara dalam menanggulangi peperangan asimetris sudah dilakukan dengan cara membuat undang-undang yaitu Undang Undang ITE, UU anti teror, dan UU makar. Kemudian efektifitas innstitusi terkait, penguatan koordianasi, pelibatan publik yang ini menjadi penting, peningkatan kewaspadaan publik dan kerjasama dengan negara lain," ucapnya.

Sementara anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengingatkan bangsa Indonesia untuk mewaspadai perang asimetris.

Sebab menurut dia, perang tersebut terjadi tidak menggunakan senjata fisik, melainkan melalui ide-ide untuk menjatuhkan lawan dengan menggunakan strategi modern. Di mana, salah satu pihak bisa hanya terdiri dari satu orang yang bahkan berada jauh dari wilayah sengketa.

"Indonesia adalah korban perang asimetris sehingga perlu adanya kebijakan-kebijakan yang fokus untuk menanggulangi hal tersebut," katanya dilokasi yang sama.

Menurutnya, perang sosial media adalah bahan bakar pertama untuk melakukan perang asimetris.

"Empat pilar Pancasila dapat menjadi benteng untuk menekan perang asimetris. Dan Partai Golkar sebagai penjaga Pancasila," tandasnya.(yn)

tag: #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...
Berita

Bamsoet Apresiasi KPU dan Dukung Penetapan Prabowo - Gibran Sebagai Presiden dan Wapres RI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi kerja keras komisi Pemilihan Umum (KPU) serta mendukung penetapan Komisi Pemilihan ...