Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 26 Jul 2017 - 21:08:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Pajak Google, Ken: Mereka Bayar

67ken-dwijugiasteadi.jpg
Ken Dwijugiasteadi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Beberapa waktu lalu publik dihebohkan sikap 'ngeyel' perusahaan raksasa asal Amerika, Google yang enggan membayar pajak kepada pemerintah Indonesia.

Bahkan, pemerintah sempat mengancam akan membekukan perusahaan itu di Indonesia karena kenakalannya yang berkelit untuk membayar pajak.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Ken Dwijugiasteadi mengklaim, Google telah memenuhi kewajibannya tersebut.

"Bayar, bayar mereka itu," ucap Ken di Kompleks Parlemen Jakarta, Rabu (26/07/2017).

Namun, Ken enggan membeberkan besaran pajak yang telah dibayarkan Google kepada pemerintah Indonesia, lantaran ada aturan yang melarang membocorkan pajak seseorang ataupun sebuah korporasi.

"Gak boleh rahasia itu. Saya gak boleh membeberkan jumlah pajak orang, perseorangan maupun badan. Ada aturannya di pasal 34 UU tentang Ketentuan Umum Perpajakan (KUP) nomor 6 tahun 1983 sebagaimana diubah menjadi UU nomor 16 tahun 2009. Kalau membocorkan berat saya sanksinya," tukas dia.

Dikabarkan bahwa angka pajak yang semestinya dibayar Google ke pemerintah mencapai Rp 450 miliar per tahun. Dengan asumsi margin keuntungan yang diperoleh Google sekitar Rp 1,6 triliun-Rp 1,7 triliun per tahun.

Margin tersebut diperoleh atas penghasilan sekitar Rp 5 triliun per tahun.

Taksiran itu berpegang pada total pendapatan bisnis iklan digital di Indonesia pada 2015 sebesar USD 830 juta. Pemerintah memperkirakan, Google dan Facebook memegang pangsa pasar iklan sekitar 70%.(yn)

tag: #google  #pajak  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...