Bisnis
Oleh Bani Saksono pada hari Minggu, 20 Agu 2017 - 01:22:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Dirut Baru Smesco Indonesia Ingin Banyak UMKM Naik Kelas

82EMILIA-SUHAEMI-1.jpg
Emilia Suhaimi, Dirut LLP-KUKM (Sumber foto : DOK/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Nakhoda baru Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Emilia Suhaimi bertekad ada banyak usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang naik kelas. Sesuai dengan tugas yang diemban, kata Emilia, LLPKUKM yang juga Smesco Indonesia adalah menjadi pusat layanan pemasaran dan promosi produk UMKM dan seluruh Indonesia.

‘’Banyaknya UMKM yang naik kelas itu juga merupakan tolok ukur keberhasilan peranan LLP ini,’’ kata Emilia yang pada pekan lalu dilantik menjadi pengganti Ahmad Zabadi [14/8/2017]. Sebelumnya, Emilia adalah pengawas LLP-KUKM. Sedangkan Zabadi menduduki tempat baru sebagai Kepala Biro Perencanaan Kementerian Koperasi dan UKM.

Emilia menjelaskan, tolok ukur dari UMKM yang naik kelas adalah adanya kenaikan omzet penjualan. Namun, diakuinya, kenaikan omzet penjualan prodk UMKM itu sulit dideteksi karena tidak ada pelaporan. ‘’Sebab, kecenderungannya sekarang adalah penjualan secara online,’’ tutur Emilia.

Namun dia optimistis target itu bisa tercapai karena didukung infrastruktur kelembagaan LLP-KUKM yang sudah memadahi. Diakui Emilia, mantan Deputi Pemasaran, ini bukan pekerjaan mudah. Namun dia optimistis dengan adanya komitmen, passion, dan integritas dari semua pihak, baik Kementerian Koperasi dan UKM sebagai induk dan pembina teknis, serta Direktorat Pengelolaan Keuangan BLU, Kementerian Keuangan.

’’Ya, mudah-mudahan program tersebut dapat secara berkesinambungan terwujud,’’ ujar Emilia, saat serah terrima jabatan dengan Ahmad Zabadi di hadapan antara lain Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram, istri Menkop dan UKM Bintang Puspayoga, Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop I Wayan Dipta, dan Duta Koperasi dan UKM 2017 Dewi Motik Pramono.

Tanpa target tersebut, dikhawatirkan status LLP sebagai semacam UPT. Padahal, jika naik kelas, LLP dapat menjadi cikal bakal BUMN atau BUMD di tingkat daerah. ‘’Saya tak ingin status LLP ini juga turun kelas, karena kalau naik kelas bisa menjadi BUMN,’’ tuturnya saat berbincang usai serah terima jabatan di lantai 4 Gedung Smesco Indonesia.

Untuk mengoptimalkan peranan LLP-KUKM, Emilia pun akan menjalin kerjasama dengan kalangan perguruan tinggi. Diharapkan, dari kampus itu akan muncul banyak pengusaha muda. ‘’Dan di LLP bisa dijadikan sebagai pusat pelatihannya.’’ [b]

tag: #kementerian-koperasi-dan-ukm  #smesco  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement