Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 09 Mar 2015 - 14:05:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Dilarang Nangkap Ikan, Nelayan Banyuasin Ngadu Ke Eddy Prabowo

79photo-16_1425890375632.jpg
Eddy Prabowo, Ketua Komisi IV DPR RI (Sumber foto : Sahlan Ake/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tak hanya diberbagai daerah, larangan penangkapan ikan oleh Menteri Susi Pudjiastuti membuat nelayan di Banyuasin, Sumatera Selatan kehilangan pekerjaan. Pasalnya, larangan itu menghalangi mereka melaut mencari ikan yang menjadi pekerjaan mereka sehari-hari.

Keluhan inilah yang disampaikan langsung oleh para nelayan kepada Ketua Komisi IV DPR RI Eddy Prabowo saat melakukan reses ke daerah pemilihan (Dapil) di Sumatera Selatan. Menurut dia para nelayan di mengeluhkan larangan penangkapan ikan yang diatur dalam Permen Kelautan dan Perikanan itu.

"Masalah Permen yang dikeluarkan Menteri Susi banyak yang mengeluhkan dengan adanya pembatasan penangkapan ikan," ujar Eddy Prabowo kepada wartawan di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/3/2015). Sebagai Ketua Komisi IV dia mengaku seperti mendapat Pekerjaan Rumah.

Seperti diketahui Menteri Susi Pudjiastuti telah mengeluarkan dua Permen tentang pelarangan penangkapan ikan. Pertama Peraturan Menteri KP No 1/ 2015 tentang larangan penangkapan lobster, kepiting dan rajungan bertelur, sekaligus melarang ekspor bibit ketiga jenis hewan tersebut.

Kedua, yakni Peraturan Menteri KP No 2/ 2015 tentang larangan penggunaan alat penangkapan ikan, yakni pukat hela dan pukat tarik di wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia. Dua peraturan itulah yang selama sejak diberlakukan mendapat penolakan dari nelayan dibeberapa daerah.

Selain keluhan nelayan, pada kesempatan tersebut Eddy Prabowo juga mendapat keluhan dari masyarakat tentang sengketa lahan. Saling serobot lahan pertanian, perkebunan, transmigrasi maupun peruntukan hutan di daerah Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Masih banyak keluhan masyarakat soal lahan antara pengusaha, dengan pengelola lahan, dan masyarat tramigrasi disitu. Ada hutan yang diserobot, itu yang kami akan luruskan," kata Eddy yang juga Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra ini saat berbincang dengan TeropongSenayan.(ris)

tag: #Edhy Prabowo  #komisi IV  #KKP  #nelayan  #banyuasin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Terus Berjuang Untuk Kesejahteraan dan Perlindungan Buruh

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 01 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Buruh dan berharap agar kebijakan negara semakin menyejahterakan dan melindungi pekerja baik di dalam maupun ...
Berita

Nurhayati Effendi Berharap Hubungan Buruh dengan Pengusaha Makin Harmonis

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati Effendi berharap hubungan harmonis antara pekerja dengan pengusaha dapat terwujud pada momen peringatan Hari Buruh Nasional atau May Day ...