Berita
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 23 Sep 2017 - 06:57:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Usul Agar Gubernur DKI Setara Menteri, Ini Reaksi Wakil Ketua DPR

21agus-hermanto.jpg
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan, tak ada aturan yang mengatakan pemilihan gubernur DKI Jakarta bisa melalui DPRD. Dalam peraturan yang ada, pemilihan gubernur DKI dilakukan dengan cara pemilihan langsung."Tidak ada di dalam aturan, aturannya harus melalui Pilkada," kata Agus di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat ini menegaskan, mekanisme pemilihan kepala daerah haruslah jangan sampai keluar dari koridor undang-undang. "Jangan keluar dari koridor undang-undang," ucapnya.

Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar penentuan gubernur ibu kota tidak perlu melalui pemilihan langsung.

Djarot meminta agar kedudukan orang nomor satu di Jakarta bisa setara dengan menteri. Hal tersebut dikatakan Djarot untuk lebih mengkoordinasikan pembangunan oleh Pemerintah Pusat.

"Saya usulkan sisi kedudukan gubernur Jakarta ke depan itu, dalam tanda kutip, selevel dengan menteri. Karena harus mengoordinasikan dan menyinergikan pembangunan dengan kawasan penyangga," kata Djarot usai Focus Group Discussion (FGD) mengenai UU Nomor 29 Tahun 2007 tentang Jakarta sebagai ibu kota, di Balai Kota, Jakarta, baru-baru ini.

Djarot kemarin juga menegaskan, usulannya bukan untuk memundurkan nilai-nilai demokrasi. Namun usul yang dilontarkan dalam FGD harus dimaknai secara menyeluruh, Jakarta, sebagai ibu kota negara. (aim)

tag: #dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...