Berita
Oleh M. Anwar pada hari Senin, 02 Okt 2017 - 06:50:34 WIB
Bagikan Berita ini :

Kapolda Jabar Imbau Masyarakat Waspada Berita Hoax di Media Sosial

92hoax.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

SUKABUMI (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengimbau masyarakat khususnya warga internet atau warganet bijak dalam memanfaatkan teknologi informasi.

"Warganet harus bisa bisa menyaring informasi yang diperoleh dari media sosial, karena belakangan ini cukup banyak pemberitaan palsu yang bersifat provokasi kepada masyarakat," katanya di sela-sela bakti sosial di Polsek Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Minggu (1/10/2017).

Menurut dia, semua pihak perlu waspada apalagi banyak berita "hoax" yang sering ditemukan berseliweran di media sosial yang sifatnya memprovokasi untuk merusak kondusivitas daerah.

Karena itu, kemajuan teknologi harus dimanfaatkan atau digunakan secara bijak khususnya dalam menerima informasi seperti melakukan pengecekan atau memeriksa ulang setiap berita dan sumbernya.

Harus diakui, semakin berkembangnya dunia internet khususnya media sosial banyak dimanfaatkan oknum tertentu untuk mengambil keuntungan dengan cara negatif. Salah satunya menebar berita "hoax", fitnah dan kebencian.

"Saat menerima atau menemukan berita yang dianggap provokasi, tidak jelas narasumbernya dan berkonten ujaran kebencian agar lebih baik tidak dibaca, karena pengguna media sosial pun harus cerdas dalam setiap menerima informasi," tambahnya.

Agung berharap seluruh kapolres yang berada di wilayah hukumnya bisa menjaga kondusivitas khususnya yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah baik wali kota, bupati maupun gubernur.

"Karena tidak menutup kemungkinan media sosial akan dijadikan ajang oleh orang tidak bertanggung jawab untuk berkampanye hitam," katanya.

Di sisi lain, dalam kunjungan kerjanya ini orang nomor satu di Polda Jabar tersebut memberikan sumbangan kepada warga tidak mampu berupa sembako dan kita suci Al Quran. (Ant/icl)

tag: #hoax  #media-sosial  #netizen  #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...