Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Rabu, 11 Okt 2017 - 06:01:28 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Dukung Pemerintah Telusuri Transfer Dana Jumbo 81 WNI

88jhony.jpg
Johnny G Plate (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi XI DPR RI Johnny G Plate mendukung langkah Dirjen Pajak untuk melakukan penelurusan terhadap 81 Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah melakukan transfer dana dari Guernsey (Inggris) ke Singapura sejumlah US$ 1,4 miliar atau setara Rp 18,9 triliun (kurs Rp 13.500/US$).

Menurutnya, langkah tersebut untuk mengetahui dana sebesar itu apakah ada potensi pajak penerimaan negara atau tidak.

"Dirjen pajak silahkan cari tahu apakah itu ada potensi pajak atau tidak," tegas Johnny G Plate saat dihubungi TeropongSenayan.com, Selasa (10/10/2017).

Lanjut Johnny G Plate, komunikasi pihak otoritas Indonesia dengan Singapura harus diperkuat karena saat ini yang melakukan penyelidikan dana transfer tersebut otoritas keuangan Singapura.

Selain itu, katanya Automatic Exchange of Information (AEoI) pada 2018 merupakan potensi untuk mengetahui data-data nasabah WNI di Singapura yang ada potensi pajak.

"Tapi ini sementara penyelidikan otoritas moneter Singapura. Kalau mereka sudah bayar pajak itu ya sudah, kalau belum itu menjadi potensi pajak," ungkap Sekjen DPP Partai NasDem itu.

Diketahui, Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi memastikan, dana transferan milik 81 WNI dari Guernsey di Inggris didasari oleh beberapa faktor.

"Dari keterangan laporan analisis PPATK mereka sebut bukan menghindar, tapi takut dengan pajak. Data di Jersey dan Guernsey kan akan dilaporkan reporting standart, nah itu mereka takut," kata Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Ken Dwijugiasteadi di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Senin (9/10/2017). (icl)

tag: #dirjen-pajak  #skandal-transfer-rp18-triliun  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Hardjuno Pertanyakan Ketegasan Pemerintah dan DPR Soal Pemberantasan Korupsi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komitmen pemerintah dan DPR terhadap agenda pemberantasan korupsi kembali dipertanyakan public seiring dengan sikap kedua institusi negara itu yang masih abu-abu ...
Berita

Tiga Tahun Berturut-Turut, Telkom Indonesia Kembali Raih Penghargaan Linkedin Top Companies 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Konsisten mewujudkan transformasi sumber daya manusia, Telkom Indonesia kembali meraih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karier versi LinkedIn ...