Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Kamis, 12 Mar 2015 - 23:11:56 WIB
Bagikan Berita ini :
Manajemennya Acakadut

Perludem Sebut Parpol Belum Saatnya Dapat Rp 1 Triliun

74DPR (IK).jpg
Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta (Sumber foto : Indra Kesuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Ketua Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) ‎Didik Supriyanto keberatan atas alokasi dana untuk partai politik (parpol) Rp 1 triliun. Selain terlalu besar, manajemen semua parpol masih acakadut.

"Perludem sepakat, tetapi kenaikannya kalau Rp 1 triliun itu sangat drastis. Bayangkan dari Rp 9 miliar (2009) lalu Rp 13 miliar (2014) naik menjadi Rp 1 triliun," kata Didik di Bakoel Kofie Jakarta, Kamis (12-3-2015).‎

Didik menambahkan dari 10 partai politik yang saat ini menguasai parlemen, tidak satupun diantaranya yang memiliki manejemen yang baik dalam mengelola keuangan. Parpol perlu membuktikan kemampuan mengelola uang dengan baik terlebih dulu.

"Infrastruktur partai tidak siap mengelola. Partai mengelola dana Rp 9 miliar saja selama ini belum becus harus di kejar-kejar Kemendagri supaya menyelesaikan laporannya," ungkap Didik.

Untuk itulah Didik menawarkan ide, sebaiknya kenaikan dana bantuan partai politik dilakukan bertahap. Selanjutnya juga perlu ada aturan yang mengharuskan parpol melakukan evaluasi atas penggunaan uang bantuan yang diterimanya.

"Harusnya dinaikkan bertahap per tahun. Kalau gini enggak logis. Bisa masuk penjara semua karena infrastruktur partai belum siap," ujarnya. Pemerintah perlu melakukan evaluasi dengan baik sebelum mengucurkan dana parpol ini.(ris)

tag: #perludem  #dana partai  #didik  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...