Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 02 Nov 2017 - 11:26:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal Reklamasi Pulau C dan D, Pernyataan JK Sejalan Dengan Anies-Sandi

74diskusireklamasi.jpg
Suasana Diskusi "Stop Reklamasi Teluk Jakarta", di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2017). (Sumber foto : Sahlan Ake - TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Ketua Tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Sudirman Said mengatakan pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tentang kelanjutan pembangunan Pulau C dan D di kawasan reklamasi Teluk Jakarta sejalan dengan pemikiran Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

"Yang disampaikan Pak Wapres itu konsisten dengan yang ada di pikiran Pak Anies dan Bang Sandi. Tapi bukan berarti seperti sekarang dalam pelaksanaan, bukan dalam sarana komersial. (Yang dipikirkan Anies-Sandi) bagaimana pemanfaatannya, harus sesuai dengan UU yang berlaku," kata Sudirman dalam diskusi "Stop Reklamasi Teluk Jakarta", di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11/2017).

Sebelumnya, Kalla menyatakan pemerintah akan menyelesaikan proyek di Pulau C dan D di kawasan reklamasi Teluk Jakarta karena sudah terlanjur dibangun.

Menurut Sudirman, tidak mungkin pulau-pulau yang sudah dibuat dibongkar.

"Seperti yang berulangkali saya katakan pulau yang sudah dibangun itu tidak mungkin dibongkar. Akan Ada masalah lingkungan baru, kemudian ongkos lagi. Azas manfaat harus ditegakkan dengan referensi aturan yang berlaku," katanya.

Meski demikian, lanjur Sudirman, pemerintah belum memiliki rencana penggunaan pulau-pulau yang sudah terlanjur dibuat itu.

"Belum lah. Kan lihat kronologisnya, dasar hukumnya, mendengar pendapat ahli lingkungan bagaimana, ahli hukum bagaimana, ahli tata negara bagaimana," katanya. (plt)

tag: #reklamasi-pantai-utara-jakarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement