Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 03 Nov 2017 - 17:21:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Herman Khaeron Dukung Peningkatan Fasilitas LIPI Maluku

71Herman-Khaeron2.jpg
Herman Khaeron (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Komisi VII DPR mendukung peningkatan fasilitas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), khususnya untuk penelitian laut di Provinsi Maluku. Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi VII yang juga Ketua Tim Kunjungan Kerja ke Maluku Herman Khaeron, saat mengunjungi Kantor LIPI Maluku beberapa waktu lalu.

Menurut Herman, pemenuhan fasilitas LIPI menjadi penting karena untuk pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan guna meningkatkan daya saing bangsa.

Ia membeberkan, saat ini LIPI Maluku membutuhkan kapal baru, mengingat kapal yang dimiliki sudah tidak berfungsi dengan baik.

"Untuk melakukan penelitian laut dalam tentunya LIPI butuh fasilitas kapal terbaru, karena kapal milik LIPI yang berada di Maluku ini sudah mangkrak dan tidak bisa dipergunakan karena sudah tidak sesuai dengan teknologi terbaru," kata Herman dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/11/2017).

Tugas LIPI regional Maluku sebagai peneliti laut dalam, kata Herman, tentunya kapal menjadi kebutuhan mendesak, mengingat lembaga tersebut diberikan tugas oleh negara untuk meneliti sumber daya alam (SDA). Untuk itu, Komisi VII DPR terus mendorong agar fasilitas LIPI dilengkapi dengan teknologi terbaru.

"Kami melihat ini adalah skala prioritas dan musti disiapkan, bisa saja nanti di APBN perubahan kami berikan anggaran khusus untuk kapal," terang politikus Partai Demokrat itu.

Herman mengungkapkan, dua kapal milik LIPI yang berada di Maluku dan Jakarta ini tidak dapat mencukupi kebutuhan untuk meneliti karena 2/3 luas negara, yang merupakan lautan. Nantinya, lanjut dia, kapal juga akan ditambah agar dapat lebih mengoptimalkan kinerja untuk menggali sumber data laut yang ada di Indonesia.

Herman juga menginginkan percepatan pengadaan fasilitas alat pendukung.

"Kalau LIPI tidak didukung dengan fasilitas alat yang memadai tentu kita akan kehilangan waktu untuk maju dari negara-negara lain," ungkapnya.

Ke depannya Komisi VII menginginkan penelitian tidak hanya menjadi 'halte', tapi juga dapat menjadi 'terminal akhir' yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia.(yn)

tag: #hermankhaeron  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement