Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 14 Nov 2017 - 12:46:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Sofyan Djalil Desak DPR Tuntaskan RUU Pertanahan

99sofyandjalil.jpg
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mendesak DPR untuk segera menyelesaikan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pertanahan. Pasalnya, kebutuhan regulasi mengenai pertanahan yang relevan sudah sangat mendesak.

"UU tentang kepemilikan apartemen orang asing itu juga harus diatur, tentang bank tanah, itu semua kita atur dalam UU pertanahan. Ini betul-betul merespons kebutuhan modern dan UU pertanahan," kata Sofyan di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).

Sofyan menjelaskan, RUU ini sebenarnya sempat hampir difinalkan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun berhenti di tengah jalan. Penyusunan RUU Pertanahan merupakan tindak lanjut dari Amanat Presiden tentang Penunjukan Wakil Pemerintah menyusul surat DPR RI kepada Presiden tentang RUU Pertanahan pada 18 Maret 2016.

Sofyan menjelaskan, materi RUU Pertanahan termasuk naskah akademiknya, yang diserahkan DPR kepada pemerintah pada 18 Juli 2016 lalu, sudah dibahas berkali-kali bersama K/L terkait. Sejauh ini, masalah penyelesaian masih terkendala daftar inventarisasi masalah (DIM) RUU Pertanahan yang belum dirampungkan oleh pemerintah. RUU ini diharapkan mampu memperkuat kembali peran negara dalam penguasaan dan pengelolaan tanah untuk kepentingan rakyat secara luas.

"RUU pertanahan itu ide DPR, inisiatif DPR pada kabinet yang lalu, tapi belum berhasil disahkan, lalu pergantian pemerintah kemudian di bahas kembali," katanya.

Dia berharap Komisi II DPR dapat mulai membahas RUU Pertanahan pada awal masa sidang 2018 tahun depan.

"Sekarang DIM sudah masuk DPR, waktu itu Komisi II merencanakan bisa dibahas pada akhir tahun. Tetapi teryata terlalu banyak agenda, ada UU politik, UU parpol. Lalu akan dibahas pada masa sidang pertama 2018," tandasnya. (plt)

tag: #kementerian-atrbpn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...