Berita
Oleh Sahlan pada hari Rabu, 15 Nov 2017 - 13:36:43 WIB
Bagikan Berita ini :

Kementerian ATR Berharap Perpres Bank Tanah Diteken Tahun Ini

24Kementerian-Agraria.jpg
Kantor Kementerian ATR/BPN (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) berharap Peraturan Presiden (Perpres) soal bank tanah bisa terbit akhir tahun 2017 ini.Demikian diutarakan Kepala Pembentukan Bank Tanah Kementerian ATR Himawan Arif.

Arif mengatakan, rencana pengadaan bank tanah sedang dibahas bersama Kemenko Perekonomian dan delapan kementerian lainnya. Rencana tersebut juga dibahas bersama Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan.

"Sudah dibahas dalam rapat dengan Kemenko Perekonomian. Di mana sembilan kementerian sudah hadir termasuk LMAN kita undang juga. Jadi sebetulnya antara LMAN dengan BPN mengenai bank tanah sedikit berbeda, kalau LMAN mengelola tanah yang sudah masuk dalam aset negara, kalau tanah BPN masuk dalam inventaris kekayaan negara," kata Arif di Kementerian ATR Jakarta Selatan, Rabu (15/11/2017).

Arif menambahkan, bank tanah nantinya bisa berasal dari berbagai sumber tergantung hasil pembahasan pemerintah.

"Sumbernya bisa tanah terlantar, tanah timbul, bisa hasil pelepasan kawasan hutan, bisa tanah lain dan memang saat ini belum spesifik karena pembahasannya belum selesai. Akhir tahun ini atau awal tahun 2018 kita target sudah selesai pembahasannya," tandasnya.

Sebelumnya, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan, Bank Tanah ditujukan untuk mengatur dan mengelola Tanah Cadangan Umum Negara (TCUN) yang menurut catatan Badan Pertanahan Nasional (BPN) ada puluhan ribu bidang tanah yang bisa diberdayakan.(yn)

tag: #kementerian-atrbpn  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...