Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 15 Nov 2017 - 15:42:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua Komisi VI Benarkan Waskita Karya Impor Tiang Pancang di Proyek LRT

79lrtlagi.jpg
LRT Palembang (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi VI DPR Teguh Juwarno membenarkan adanya impor tiang pancang dari Malaysia yang dilakukan PT Waskita Karya. Tbk untuk proyek pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Palembang Sumatera Selatan.

"Saya sudah melakukan klarifikasi ke Waskita. Dan mereka mengakui memang melakukan impor tiang pancang dari luar negeri," beber Politikus PAN itu saat dihubungi di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Diungkapkannya kembali, alasan mereka mengimpor karena produksi dalam negeri tidak mampu memenuhi kebutuhan untuk mengejar target penyelesain proyek agar sesuai jadwal.

Namun, sambung dia, Waskita menegaskan yang diimpor masih dibawah 20 persen. Itupun mereka katakan terpaksa, terang dia, karena produksi dalam negeri tidak mencukupi.

"Kami sudah meminta agar apapun yang terjadi Waskita harus memprioritaskan produk lokal," tegasnya.

Saat ditanya apakah Komisi VI akan memanggil Waskita Karya terkait hal ini,

"Dalam fungsi pengawasan kita minta keterangan dan penjelasan resmi dari Waskita. Dan sebagai perusahaan publik yang sudah go public kami meyakini Waskita akan bertindak profesional. karena semua langkah mereka akan diaudit baik oleh akuntan publik maupun BPK," bela dia.

Menurutnya, langkah impor yang dilakukan Waskita harus dilihat secara objektif.

"Ya kalau memang produksi dalam negeri tidak memungkinkan? sementara mereka dikejar target penyelesaian proyek segera? sebagai sebuah aksi korporasi pasti ada target yang harus dicapai. Jadi jangankan 20 persen, kalau memang kebutuhannya harus impor sampai 50 persen. Waskita harus melakukan langkah tersebut demi memastikan kinerjanya tetap baik," kilah Teguh. (icl)

tag: #komisi-vi-dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...