Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 25 Des 2017 - 08:25:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Hidayat Nurwahid Puji Langkah Cepat Anies Baswedan Tangani Tanggul Jebol Jatipadang

86hidayat-nur-wahid-mprJrjx.jpg
Hidayat Nur Wahid (Sumber foto : Dok Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nurwahid angkat bicara terkait jebolnya tanggul di Jatipadang. Menurutnya banjir akibat tanggul yang jebol di Jatipadang terjadi akibat badan sungai yang semakin menyempit sehingga aliran air menjadi lebih besar dan mudah meluap.

"Tekanan air yang besar menyebabkan jebolnya tanggul sungai di pemukiman warga," kata Hiayat saat melakukan serap aspirasi dan pemberian bantuan korban banjir di Jatipadang, Jakarta Selatan, Minggu (24/12/2017).

Hidayat, yang juga anggota DPR RI dari Dapil Jakarta 2 itu mengapresiasi langkah cepat Pemprov DKI yang langsung memperbaiki tanggul Jebol.

Menurut Hidayat, langkah cepat yang langsung dipimpin Gubernur Anies Baswedan dengan mendatangi lokasi saat banjir dan perbaikan tanggul membuat masalah yang dihadapi warga yang terkena banjir bisa sedikit lega.

"Respon cepat Gubernur Anies Baswedan dalam menangani banjir tersebut membuat masyarakat manamakan tanggul yang dibangun tersebut dengan nama Tanggul Basewdan," katanya.

Dengan turun langsung ke lokasi, menurutnya gubernur juga bisa langsung melihat masalah penyebab banjir yaitu sungai yang menyempit akibat banyaknya bangunan yang mengambil badan sungai.

"Pendekatan aktif dan persuasif juga dilakukan Gubernur Anies Baswedan dalam upaya memperlebar badan sungai dengan meminta warga bersedia menggeser bangunan rumahnya lebih ke dalam sehingga badan sungai bisa lebih lebar," katanya.

Dalam dialog dengan warga Jatipadang, Hidayat juga memuji kesediaan warga untuk mau menyerahkan lahan dan membongkar bangunannya yang mengambil sebagian badan sungai maupun yang di bibir sungai dan menghambat aliran air.

Menurutnya, bagi warga yang bersedia itu, bukan hanya akan mendapat penggantian yang layak dari Pemprov dari Jakarta, juga menunjukkan keteladan dan kesediaan berkorban untuk kemaslahatan yang lebih besar yaitu mengurangi resiko banjir yang akan melanda warga yang lebih banyak .

"Warga yang digeser rumahnya sesungguhnya mendapatkan ganti untung berupa tanggul yang kokoh sehingga tidak lagi jebol saat air sungai melimpah," pungkasnya. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...