Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 29 Des 2017 - 07:25:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Cerita Khofifah tentang Perjuangan Kemanusiaan Gus Dur

58Khofifah 003.jpg
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa (Sumber foto : ist)

JOMBANG (TEROPONGSENAYAN)--Menteri sosial yang juga Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa mengaku selalu terkenang pada sosok almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang berpesan untuk selalu melindungi minoritas. Gus Dur merupakan sosok pejuang kemanusiaan sejati.

"Suatu saat ketika Gus Dur menjadi Presiden dan beliau memberikan pidato di Amerika, Gus Dur menyampaikan `Di negeri saya, saya melindungi minoritas, tolong di negeri Anda lindungi minoritas," katanya saat pidato peringatan delapan tahun wafatnya Gus Dur di Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Kamis (28/12/2017) malam.

Ia menilai pesan Gus Dur itu sangat mendalam, sesuai dengan yang dilakukan dan diajarkan Gus Dur selama ini, yaitu mencintai sesama.

"Cintanya Gus Dur itu ke sesama, itu yang menjadi Gus Dur memberikan perlindungan, memberikan payung, jangan sampai di kemudian ada kerusakan terhadap kelompok dan golongan tertentu," kata dia.

Khofifah menceritakan pesan Gus Dur kepadanya agar saat meninggal makamnya ditulisi "Here rests a humanist" atau "Di sini berbaring seorang pejuang kemanusiaan".

Khofifah mengaku sempat tidak berani menyampaikan pesan itu kepada istri almarhum, Sinta Nuriyah, namun akhirnya berani juga. Dan, amanat itu bisa diwujudkan keluarga setelah hampir sewindu Gus Dur wafat dan dimakamkan di Pesantren Tebuireng.

Ia mengagumi Gus Dur. Semasa hidup dan memimpin PKB, Gus Dur selalu mengajarkan untuk membela yang benar. Ajaran itu juga selalu dipegangnya hingga kini. Namun, ia mengakui apa yang menjadi pikiran dari almarhum, belum semua memahaminya.

Acara delapan tahun wafatnya Gus Dur ini juga dihadiri Mahfud MD dan Rizal Ramli yang semuanya mantan menteri pada kabinet Persatuan Nasional pimpinan Gus Dur. (plt/ant)

tag: #gus-dur  #khofifahindar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement