Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 12 Jan 2018 - 08:15:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Empat Kepala Daerah Aktif Daftar Pilgub Lampung

53akurat_20171220061131_32F90p.jpg
Bakal pasangan calon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim. (Sumber foto : dok istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Empat kepala daerah aktif mengikuti kontestasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung yang akan digelar pada 27/6/2018. Keempat kepala daerah di Lampung telah resmi mendaftar bersama pasangannya di Kantor KPU Lampung hingga hari terakhir pendaftaran ditutup pada Rabu (10/1/2018).

Keempat kepala daerah di Lampung yang menjadi peserta pilgub yakni M Ridho Ficardo (gubernur Lampung), Herman HN (wali kota Bandar Lampung), Mustafa (bupati Lampung Tengah), dan Chusnuniah Chalim atau Nunik (bupati Lampung Timur). Sedangkan wakil kepala daerah yang ikut mencalonkan sebagai calon wakil gubernur yakni Bachtiar Basri, yang sebelumnya pernah menjabat bupati Tulangbawang Barat.

Hingga hari penutupan pendaftaran peserta pilgub di KPU Lampung, terdapat empat pasangan bakal calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur yang telah mendaftar berdasarkan parpol pengusungnya. Mulai dari pedaftar pertama hingga akhir yakni Mustafa Ahmad Jajuli, Herman HN Sutono, Arinal Djunaidi Chusnuniah Chalim (Nunik), dan M Ridho Ficardo Bachtiar Basri.

Komisioner KPU Lampung telah menerima berkas persyaratan empat paslon yang mendaftar. KPU masih memberikan kesempatan kepada paslon untuk melengkapi dan memperbaiki persyaratan hingga 17/1/2018. Komisioner KPU Lampung M Tio Aliansyah mengatakan, setelah pendaftaran paslon harus mengikuti pemeriksaan kesehatan yang akan berlangsung 8-15 Januari 2018.

Menurut dia, KPU telah mendapatkan jadwal pemeriksaan kesehatan masing-masing calon kepala daerah pada pilkada serentak 2018. Jadwal tersebut disusun oleh tim di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek Lampung. Tes kesehatan digelar 11-14 Januari 2018 dan hasilnya diserahkan kepada KPU pada 16 Januari 2018. "Setiap calon wajib tes fisik dan pemeriksaan kesehatan jiwa, dan kemudian tes psikologi," katanya.

Ia mengatakan mengenai tes kesehatan tersebut akan dilakukan Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) yang bekerja secara independen tanpa intervensi dari pihak manapun.

Setelah rampung, agenda selanjutnya penetapan paslon pada 12 Februari 2018, dilanjutkan keesokan harinya pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon. Sedangkan masa kampanya berlangsung 15 Februari-23 Juni 2018.

Kampanye melalui media massa cetak dan elektronik pada 10-23 Juni 2018, lalu masa tenang 24-26 Juni 2018. Sementara puncak pilkada yakni pemungutan dan penghitungan suara pada 27 Juni 2018. (aim)

tag: #pilgub-lampung-2018  #pilkada-serentak-2018  #pkb  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...