TSJatim
Oleh M Anwar pada hari Sabtu, 13 Jan 2018 - 17:18:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Bawaslu Sebut Bisa Saja Panggil Prabowo, Begini Kata Kader Gerindra

30habiburokhman.jpg
Habiburokhman (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tengah menunggu perkembangan klarifikasi La Nyalla Mattalitti soal dugaan mahar politik untuk memanggil Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Lalu apa kata kader Gerindra soal langkah Bawaslu tersebut?

Ketua DPP Gerindra Bidang Hukum Habiburokhman meminta Bawaslu berhati-hati dalam menindaklanjuti ucapan La Nyalla.

"Kami sebetulnya sebagai rakyat hanya bisa mengingatkan kepada temen-temen Bawaslu untuk tidak genit genit, dalam berpolitik. Di Polri saja, sebagai institusi penegak hukum ada standar dalam penerimaan laporan," kata Habiburokhman di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/1/2018).

Habiburokhman menegaskan, La Nyalla dalam pernyataannya mengaku tidak ada bukti dimintai kesiapan dana oleh Prabowo. Karenanya, jika Bawaslu menindaklanjutinya, bahkan jika sampai memanggil Prabowo maka Bawalsu melakukan 'blunder' karena berdasarkan isu semata.

"Kalau ini hanya isu yang saya kira beda antara Pak La Nyalla uang yang untuk saksi, harus dipahami kalau uang saksi tentu bukan imbalan dan itu belum tentu terbukti, yang paling penting Pak La Nyalla sendiri udah mengatakan tidak punya bukti tapi dia rela disumpah pocong. masa Bawaslu menindaklanjuti sumpah pocong," tandasnya.

Habiburokhman menilai terlalu dipaksakan jika hal ini ditindaklanjuti bahkan sampai ada pemanggilan ke Prabowo. Menurutnya justru akan menimbulkan pertanyaan ke publik bahwa Bawaslu cenderung sentimen ke Gerindra.

"Sungguh nggak pantas kalau sampai ada pemanggilan ke Pak Prabowo, tentu kita tidak bisa menerima gitu saja. Apa dasarnya jelas-jelas di media dikatakan sumpah pocong. Kita tinggalkan teman-teman kerja sudah bagus jangan sampai terpeleset membuat Bawaslu itu berpolitik, bahwa Bawaslu yang baru ini sentimen apa Pak Prabowo," ujar dia.

Sebelumnya Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja mengatakan Bawaslu Jawa Timur telah menindaklanjuti pernyataan kader Partai Gerindra La Nyalla Mattalitti soal mahar politik di Pilkada. Menurut Rahmat, Bawaslu telah dengan memanggil La Nyalla untuk mengklarifikasi pernyataan soal dimintai kesiapan dana sebesar Rp40 miliar oleh Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Kami minta ke Bawaslu jatim untuk menindaklanjutinya, sudah manggil Pak La Nyalla, sudah layangkan suratnya, sudah mengirim, kemaren sudah ada surat pemanggilan," ujar Rahmat saat ditemui di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta pada Sabtu (13/1)

Menurut Rahmat, pemanggilan untuk mengklarifikasi pernyataan La Nyalla apakah benar atau tidak permintaan dana untuk maju menjadi calon pemilihan Gubernur Jatim dari Gerindra tersebut. Menurutnya, jika memang ada buktinya bisa diteruskan kalau tidak maka sebaiknya dihentikan agar tidak terjadi kegaduhan baru.

Rahmat juga memungkinkan memanggil Prabowo Subianto jika memang dalam klarifikasinya ada bukti yang menunjukkan slal permintaan kesiapan dana tersebut.

"Bisa panggil Pak Prabowo untuk menjelaskan supaya terang apakah jelas ada mahar atau tidak. Tapi ya kita tunggu dari pemanggilan Pak La Nyalla dulu jika ada bukti, jadi perkembangan klarifikasi dari pak La Nyalla itu akan menentukan panggil Pak Prabowo atau tidak," ujar Rahmat.(yn/ant)

tag: #partai-gerindra  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJatim Lainnya
TSJatim

Warga Surabaya Deklarasikan Duet Jokowi-Mahfud MD

Oleh Ferdiansyah
pada hari Minggu, 29 Jul 2018
SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) --Sekelompok warga menamakan diri sebagai Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud agar menjadi Cawapres pendamping Jokowi ...
TSJatim

Menangi Pilkada Jatim, Khofifah Temui Romi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Calon Gubenur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambangi kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro Nomor 60, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018). Khofifah tiba ...