Berita
Oleh sahlan ake pada hari Kamis, 01 Feb 2018 - 11:20:21 WIB
Bagikan Berita ini :

Pansus Desak Jokowi Bentuk Dewan Pengawas KPK

32masintopasaribu.jpg
Anggota Pansus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Masinton Pasaribu (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Pansus Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Masinton Pasaribu mengatakan, rekomendasi Pansus akan diserahkan juga kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam rekomendasi tersebut, pansus mendesak agar Jokowi membentu dewan pengawas.

"Rekomendasinanti disampaikan kepada presiden dan KPK. Nah KPK dalam konteks temuan yang dihasilkan di Pansus. (Itu) supaya bisa ditindaklanjuti," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Sedangkan penyerahan rekomendasi kepada Presiden disertai usulan pembentukan dewan pengawas untuk mengawasi kinerja KPK.

"Supaya dalam melaksanakan tugas sehari-hari KPK tidak terjadi penyimpangan dan kesewenang-wenangan ataupun abuse of power. Maka perlu dibentuk dewan pengawas," katanya.

Fungsi dewan pengawas, kata Masinton, bukan untuk mengintervensi penyidikan dan penuntutan KPK. Dewan pengawas berfungsi untuk memastikan pelaksanaan tugas KPK sesuai dengan koridor hukum.

"Tidak menyimpang, tidak sewenang-wenang. Tidak digunakan sewenang-wenang. Kemudian dewas ini unsurnya nanti dari eksternal, dari masyarakat dan akademisi, ," kata Masinton.

Politikus PDIP ini juga mengigatkan bahwa KPK merupakan intitusi negara, bukan lembaga yang berdiri sendiri.

"Pemahaman ketatanegaraan yang keliru dan fatal itu. Karena dia adalah sebuah lembaga yang menggunakan APBN. Dia adalah lembaga negara. Mau dia bersifat independen atau apapun, faktanya dia lembaga negara, dalam sebauh negara ada kepala negara, presiden," tegansya.(plt)

tag: #hak-angket-kpk  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Advertisement
Top Up Jackcard Kamu Dengan JakOne Mobile
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - Bantu Negeri Peduli Pendidikan Masa Pandemi
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

PDIP: Penundaan Pilkada Ditengah Pandemi Akan Menciptakan Ketidakpastian Baru

Oleh Bachtiar
pada hari Senin, 21 Sep 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai Pilkada Serentak 2020 harus diselenggarakan pada tahun ini. Menurut dia, di tengah pandemi ini, setiap ...
Berita

KAMI Minta KPU Tunda Pilkada Serentak 2020

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan penyelenggara negara menunda pelaksanaan Pilkada serentak 2020. Pasalnya, ...