Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 05 Feb 2018 - 14:20:53 WIB
Bagikan Berita ini :

Pemerintah Doyan Impor, Komisi VI akan Bentuk Pansus Pangan

35imporjagung.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Kelompok Fraksi (Kapoksi) Gerindra di Komisi VI DPR RI, Abdul Wachid mengungkapkan, fraksinya akan segera menginisiasi pembentukan panitia khusus (Pansus) terkait impor pangan yang dilakukan pemerintah.

Demikian disampaikan Wachid saat menanggapi perlu atau tidaknya membentuk pansus pangan ditengah gencarnya kebijakan impor pangan yang dilakukan pemerintah baru-baru ini.

"Iya (Fraksi Gerindra akan inisiasi pembentukan pansus Impor pangan). Ini Mendag sudah keterlaluan. Dikritik sana sini masih ngotot. Sangat urgen bentuk pansus pangan, karena kita amati kebijakan impor pangan ini tidak beres , Mendag disuruh siapkan data impor komoditas dan Neraca produk saja oleh komisi 6, belum dikasih," kesal Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Tebu Republik Indonesia (APTRI) itu di Kompleks Parlemen Jakarta, Senin (05/02/2018).

Tak hanya itu, Wachid juga mengaku tak habis pikir dengan langkah pemerintah dalam hal ini Kemendag yang dengan mudah selalu menggunakan instrumen impor ditengah ketersediaan pangan yang menurut kementerian lainnya surplus.

Baca:Lagi, Pemerintah Terbitkan Izin 171.660 Ton Impor Jagung

"Mendag mestinya tidak keluarkan ijin impor komoditas pangan, terkecuali kalau sudah ada kesepakatan dengan Mentan. Kalau Mendag tetap ajukan ijin impor komoditas pangan, bisa menyengsarakan para petani," tegas Ketua DPD Gerindra Jateng itu.

Selain itu, Wachid juga mempertanyakan alasan Mendag yang akan mengimpor jagung dalam waktu dekat ini.

"Impor jagung harus jelas, jenis jagung apa? Untuk apa dan siapa?," tanya dia.

Baca:Tidak Hanya Beras, Mendag Juga Akan Impor Garam dan Gula

Saat Komisi VI meminta Mendag dan Mentan harus secepatnya jadwalkan Rapat bersama Komisi IV dan komisi VI, ungkap dia, mereka beralasan tidak bisa memenuhi undangan tersebut.

"Semestinya Senin ini tanggal 5 Februari rapat sama kita bersama Menko. Tapi batal alasan sudah terjadwal di luar. Ini tidak benar," kesal dia. (icl)

tag: #harga-pangan  #impor-pangan  #kementerian-perdagangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...