Berita
Oleh mandra pradipta pada hari Selasa, 20 Mar 2018 - 09:31:19 WIB
Bagikan Berita ini :

Pernah Jadi Donatur, DPR Dorong Garuda Hajikan Nyak Sandang

34nyaksandang.jpeg
Nyak Sandang berfoto memegang surat Obligasi Seulawah RI-001 (Sumber foto : ist)

LAMNO (TEROPONGSENAYAN)--Anggota komisi III DPR RI Nasir Djamil mendorong Pimpinan Garuda Indonesia untuk memberangkatkan Nyak Sandang ke Tanah Suci. Warga Lamno Aceh Jaya itu pernah menjadi donatur pembelian pesawat Indonesia pada awal kemerdekaan.

Kala itu, Nyak Sandang memberikan donasi melalui pembelian obligasi (surat utang) Seulawah RI-001. Dari donasi Nyak Sandang dan warga Aceh lainnya itulah, Indonesia mampu membeli pesawat, RI-001.

Pesawat yang dibeli dari sumbangan rakyat Aceh pada era Presiden Soekarno itu merupakan cikal bakal berdirinya Maskapai Garuda Indonesia.

"(Maka) tidak ada salahnya Garuda Indonesia mengapresiasi keinginan Nyak Sandang berhaji ke Tanah Suci dan membangun masjid di dekat kediamannya," tutur Nsir saat dihubungi di Aceh Jaya, Selasa (20/3/2018).

Nyak Sandang menyampaikan keinginan naik haji dan membangun masjid tersebut ketika dikunjungi Nasir di tempat tinggalnya.

"Sebagai warga yang berjasa, maka negara harus mengapresiasi. Tanpa jasa mereka belum tentu negara ini ada," kata Nasir.

Menurut Nasir, Nyak Sandang yang tinggal di Desa Lheut Lamno Aceh Jaya kemungkinan besar adalah satu-satunya pemegang obligasi seulawah RI-001 yang masih hidup.

Nyak Sandang menyumbang negara melalui Seulawah RI-001 pada 1950. Nilai obligasi yang dibeli sebesar Rp 100. Menurut Nasir, nilai Rp 100 pada masa itu bukanlah angka kecil.

"(Saat itu) satu sen pun sangat berarti bagi negara," tegas Nasir.(plt)

tag: #haji  #nasirdjamil  #wakilrakyat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...