Berita
Oleh Sahlan pada hari Kamis, 22 Mar 2018 - 09:08:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Syahganda: Amien Rais Kecewa dengan Nawacita Jokowi

37Syahganda-Nainggolan.jpg
Syahganda Nainggolan (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Aktivis sosial Syahganda Nainggolan mendukung pernyataan Amien Rais soal ketimpangan kepemilikan lahan di Indonesia.
Dalam kritik itu Amien juga menyebut pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla berbohong soal janji reforma agraria.

Syahganda mengungkapkan, kritik yang disampaikan Amien didasarkan pada janji Jokowi dalam Nawacita. Salah Satu poin yang digarisbawahi adalah terkait agenda reforma agraria.

"Persoalan Amien bilang Jokowi bohong, menunjukkan bahwa Jokowi punya janji di Nawacita mau lakukan reforma agraria, bukan bagi-bagi sertifikat," kata Syahganda dalam diskusi bertajuk Sertifikasi Tanah: Manipulasi atau Reformasi Agraria di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Rabu (21/3/2018).

Dalam kesempatan itu, ia membeberkan perbedaan sertifikasi tanah dengan reforma agraria. Sertifikasi tanah, kata Syahganda, lebih bertujuan untuk mempercepat pelayanan birokrasi. Sementara reforma agraria dilakukan untuk merombak struktur ekonomi yang timpang melalui redistribusi sumber agraria.

"Sertifikasi tanah hanya pelayanan publik, seperti orang mau buat KTP, tinggal datang, foto, jadi. Hanya memperkuat kepemilikan," katanya.

Syahganda mengatakan, kritik tersebut juga cocok dengan hasil penelitian Megawati Institute yang memotret fenomena menguatnya oligarki serta agregasi penguasaan lahan di Indonesia.

"Ada 10% orang kuasai 75% lahan di Indonesia. Kritik itu pernah disampaikan Megawati Institute. Kritik ini kalau bukan Amien yang omong orang gak akan denger," tandasnya.(yn)

tag: #amien-rais  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...