Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 13 Apr 2018 - 08:32:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Kaji Metode Cuci Otak, Satgas Kemenkes Diberi Waktu 45 Hari

32dede-yusuf_20160722_113833.jpg.jpg
Dede Yusuf (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Satuan Tugas Kementerian Kesehatan (Satgas Kemenkes) bersama Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) diberi waktu 45 hari untuk menilai teknologi kesehatan terhadap metode Digital Substraction Angiogram (DSA) atau terapi cuci otak, yang dikembangkan Mayjen TNI dr. Terawan Agus Putranto.

"Ya tenggatnya 45 hari, tadi mereka (Kemenkes) minta waktu, dan satuan tugasnya terhitung hari ini," kata Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf di Ruang Rapat Komisi IX DPR, Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Komisi IX DPR RI mendesak Kemenkes, KKI, dan IDI memberi penjelasan terkait keamanan metode Digital Substraction Angiogram (DSA) kepada publik. Salah satu tujuannya, yakni meredam keresahan di masyarakat.

Dede menyebut, waktu 45 hari bukanlah tenggat lama. Sebab, menurut dia, proses penelitian harus mengantongi cukup data dari berbagai sumber untuk menghasilkan kesimpulan akurat.

"Melakukan penelitian tentu tidak mudah, kan harus mendapatkan informasi-informasi baik dari pasien dan dari sumber lainnya," ujar dia.

Dengan demikian, politikus Partai Demokrat itu menyebut hasil penilaian teknologi kesehatan cuci otak tidak bisa diperoleh secara cepat.

"Jadi enggak bisa besok langsung diputuskan, enggak bisa," ujar Dede.

Ketua Umum PB IDI Ilham Oetama Marsis menyesalkan adanya surat keputusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) yang bersifat internal dan rahasia di publik. Sebab, hal itu menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.(yn)

tag: #kementerian-kesehatan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement