Berita
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 19 Apr 2018 - 13:28:33 WIB
Bagikan Berita ini :

Cak Imin Ajak Nelayan Muara Angke Bersihkan Sampah Plastik

77Cak-Imin-Nelayan.jpg.jpg
Muhaimin Iskandar mengikuti pesta laut atau Nadran di Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (19/02/2018) (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar mengikuti pesta laut atau Nadran di Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara, Kamis (19/02/2018). Tradisi yang diisi dengan doa dan melarung sedekah ke laut itu digelar Perkumpulan Nelayan Tradisional (PANTAS) Kaliadem.

"Ini sedekah yang diberikan masyarkat sekaligus ada ritual wayangan yang menjaga tradisi dan budaya sekaligus untuk mendoakan keselamatan nelayan kita,” kata Cak Imin kepada awak media di lokasi.

Usai melaut bersama 500 perahu nelayan, Muhaimin alias Cak Imin mengingatkan bahwa kondisi laut Jakarta sangat kotor. Sehingga, ujar dia, harus ada upaya gerakan bersih-bersih sampah di laut, mulai dari membersihkan sampah plastik.

"Yang perlu kita tata dalam rangka Nadran ini, yakni mengumpulkan sampah plastik yang berbahaya bagi generasi kita di masa akan datang," imbaunya.

"Dalam acara nadran ini, ayo kita bersihkan pantai kita lingkungan kita dari sampah-sampah plastik agar lingkungan kita bersih dan lestari," ujar politisi berjuluk Panglima Santri tersebut.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mengimbau pemerintah DKI Jakarta dan pemerintah pusat supaya tetap menjaga tradisi lokal tersebut.

Alasannya, selain melestarikan kebudayaan asli, juga bisa digunakan untuk menarik turis domestik maupun internasional.

“Di Jakarta ada tradisi ini, ada komunitas yang harus diperhatiikan oleh pemda DKI dan pusat, sehingga wilayah ini menjadi wilayah yang semestinya dikembangkan sebagai daerah wisata atau dikembangkan menjadi nelayan modern supaya kemajuan cepat bisa terlaksana di sini," imbuhnya.(yn)

tag: #cak-imin  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement