Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 20 Apr 2018 - 10:53:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahyudin: Lagu Iwan Fals Ingatkan Rakyat Waspadai Tantangan Global

25Mahyudin-Iwan-Fals.jpg.jpg
Mahyudin (Sumber foto : Humas MPR RI)

GRESIK (TEROPONGSENAYAN)--Bangsa Indonesia mulai memasuki tantangan global. Pengaruh globalisasi akan semakin luas dan persaingannya semakin tajam.

Begitu kata Wakil Ketua MPR RI Mahyudin saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gresik, Jawa Timur, Kamis (19/4).

Dia menyayangkan, di tengah tantangan global itu, bangsa ini masih terlena menjadi bangsa yang konsumtif dan hanya mengandalkan sumber daya alam yang melimpah.

"Potret keadaan tersebut tergambar pada lirik lagu Iwan Fals yang berjudul Mimpi Yang Terbeli, liriknya, ‘Segala produksi ada di sini menggoda kita tuk memiliki, hari-hari kita berisi hasutan, hingga kita tak tahu diri sendiri’. Lihat kapitalisasi masuk ke Indonesia tanpa bisa kita bendung. Kita bisa lihat semua produk hampir semua dimiliki asing," katanya.

Diutarakan Mahyudin, Indonesia yang memiliki penduduk yang besar sekitar 260 juta lebih adalah potensi pasar yang sangat besar dan Indonesia punya kemampuan untuk membeli, karena Indonesia punya sumber daya alam yang melimpah.

“Inilah kita secara tidak sadar masuk ke dalam pusaran penjajahan ekonomi yang membuat kita terus menerus menjadi masyarakat konsumtif yang terus menggerus sumber daya alam kita sendiri," ungkapnya.

Mahyudin mengatakan, semestinya dengan sumber daya alam yang sedemikian besar, Indonesia bisa memenuhi kebutuhannya sendiri bahkan memenuhi pasar global dengan mengelola sumber daya alamnya menjadi produksi jadi, bukan hanya menjual bahan mentah hasil alam yang lama kelamaan akan habis.

"Maka dari itu mumpung sedang dalam tahun politik pilkada dan nanti pileg serta pilpres, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memilih kepala daerah, wakil rakyat bahkan pemimpin nasional yang mengedapankan sektor industri agar, industri di Indonesia bergairah dan mampu disejajarkan dengan negara-negara industri lainnya," tandasnya.(yn)

tag: #mahyudin  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dua Pegawai KAI yang Jujur Terima Hadiah Ponsel, Pulsa dan Sederet Asuransi

Oleh Rihad
pada hari Senin, 13 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Menteri BUMN Erick Thohir memberikan apresiasi kepada dua petugas KRL karena bersikap jujur usai menemukan Rp 500 juta di kereta, Senin (13/7). Mereka adalah petugas ...
Berita

Kuasa Hukum Heru Hidayat Tegaskan Akan Terus Kejar Keterangan Dirut Jiwasraya, Kenapa?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Penasihat Hukum Heru Hidayat, Aldres Napitupulu mengatakan, dalam sidang lanjutan perkara Asuransi Jiwasraya di Jakarta, Senin (13/07), peran Direktur Utama PT Asuransi ...