Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Jumat, 20 Apr 2018 - 10:53:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahyudin: Lagu Iwan Fals Ingatkan Rakyat Waspadai Tantangan Global

25Mahyudin-Iwan-Fals.jpg.jpg
Mahyudin (Sumber foto : Humas MPR RI)

GRESIK (TEROPONGSENAYAN)--Bangsa Indonesia mulai memasuki tantangan global. Pengaruh globalisasi akan semakin luas dan persaingannya semakin tajam.

Begitu kata Wakil Ketua MPR RI Mahyudin saat menggelar Sosialisasi Empat Pilar MPR di Gresik, Jawa Timur, Kamis (19/4).

Dia menyayangkan, di tengah tantangan global itu, bangsa ini masih terlena menjadi bangsa yang konsumtif dan hanya mengandalkan sumber daya alam yang melimpah.

"Potret keadaan tersebut tergambar pada lirik lagu Iwan Fals yang berjudul Mimpi Yang Terbeli, liriknya, ‘Segala produksi ada di sini menggoda kita tuk memiliki, hari-hari kita berisi hasutan, hingga kita tak tahu diri sendiri’. Lihat kapitalisasi masuk ke Indonesia tanpa bisa kita bendung. Kita bisa lihat semua produk hampir semua dimiliki asing," katanya.

Diutarakan Mahyudin, Indonesia yang memiliki penduduk yang besar sekitar 260 juta lebih adalah potensi pasar yang sangat besar dan Indonesia punya kemampuan untuk membeli, karena Indonesia punya sumber daya alam yang melimpah.

“Inilah kita secara tidak sadar masuk ke dalam pusaran penjajahan ekonomi yang membuat kita terus menerus menjadi masyarakat konsumtif yang terus menggerus sumber daya alam kita sendiri," ungkapnya.

Mahyudin mengatakan, semestinya dengan sumber daya alam yang sedemikian besar, Indonesia bisa memenuhi kebutuhannya sendiri bahkan memenuhi pasar global dengan mengelola sumber daya alamnya menjadi produksi jadi, bukan hanya menjual bahan mentah hasil alam yang lama kelamaan akan habis.

"Maka dari itu mumpung sedang dalam tahun politik pilkada dan nanti pileg serta pilpres, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memilih kepala daerah, wakil rakyat bahkan pemimpin nasional yang mengedapankan sektor industri agar, industri di Indonesia bergairah dan mampu disejajarkan dengan negara-negara industri lainnya," tandasnya.(yn)

tag: #mahyudin  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Wacana Pembentukan Presidential Club, Barikade 98 Sebut Hanya Gimmick PolitikĀ 

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 08 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pembentukan Presidential Club yang diusulkan Prabowo Subianto dianggap hanya sebagai gimmick politik. Bahkan menjadi bentuk ketidakpercayaan diri sang presiden terpilih ...
Berita

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali ...