Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 03 Mei 2018 - 16:49:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Wah, Debat Terbuka SMI Versus RR Dinilai Bisa Hancurkan Negara

85Hafisz_Tohir.jpg.jpg
Achmad Hafisz Thohir (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafisz Tohir menilai, rencana debat terbuka antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (SMI) dengan Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli (RR) soal utang negara justru akan menghancurkan NKRI.

Hal itu, menurut Hafisz, lantaran dikhawatirkan semua rahasia negara akan terbongkar dalam debat publik.

"Posisi Sri Mulyani itu sebagai pejabat negara. Tidak boleh dia membeberkan rahasia dapur negara. Kalau dia ungkap semua data-data, bagaimana jadinya negeri ini," kata Hafisz di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Di sisi lain, kata mantan Ketua Komisi VI DPR itu, debat tersebut pasti disaksikan banyak negara dan investor yang punya kepentingan di Indonesia. (Baca juga:Tiga Televisi Swasta Sudah Siap Siarkan Debat RR-Sri Mulyani)

"Begitu tahu rahasia dapur negara kita, bisa-bisa reaksinya negatif. Jadi hal-hal seperti ini yang harusnya diperhatikan," ujarnya.

Malah, lanjut Hafisz, debat itu jutru mempercepat kejatuhan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Alsannya, kata dia, karena citra negara dipertaruhkan dalam adu argumentasi tersebut.

"Saya menyarankan agar debat dilakukan secara tertutup saja. Biar SMI dan RR bawa tim masing-masing. Di situ mereka adu data dan gebrakan-gebrakan meja," tambahnya. (Baca juga:Tantangan Debatnya Dicuekin Sri Mulyani, RR: Tak Punya Nyali)

Ia menambahkan, RR sebagai mantan Menko Perekonomian pasti memiliki sumber data yang valid. Begitu juga dengan SMI, dia juga menguasai data-data yang dimiliki pemerintah.

"Cuma saya melihat posisi SMI inikan dilematis, kalau debat itu dilakukan secara terbuka. Padahal tidak semua data boleh dibeberkan ke publik. Kalau dia tidak menjawab jujur, maka citranya pemerintah negatif. Begitu juga, kalau dijawab jujur, tentu berdampak negatif pada keamanan negara," imbuhnya.(yn)

tag: #sri-mulyani  #utang-pemerintah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...