Berita

Pemindahan Kedubes AS ke Yerusalam Diprotes, Resolusi PBB Dinilai 'Memble'

Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 10 Mei 2018 - 12:31:02 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

82rofi-munawar.jpg.jpg

Rofi Munawar (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) Rofi Munawar saat mendatangi kantor perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jakarta. 

Ia meminta lembaga tersebut untuk tegas menjalankan Resolusi PBB soal sikap Amerika Serikat (AS) yang akan memindahkan kedubesnya ke Yerusalem. 
 
"Terlalu banyak resolusi yang telah dikeluarkan oleh PBB terkait penolakan Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Namun, pada kenyataannya tidak banyak memberikan dampak terhadap nasib Palestina dan tidak mampu mencegah AS memindahkan dubesnya," tegas Rofi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (10/5/2018).
 
Rofi dalam kesempatan itu mengingatkan bahwasanya mayoritas anggota PBB telah menyatakan ketidaksetujuannya terhadap rencana pemindahan ibukota Israel ke Yerusalem pada forum Majelis Umum PBB beberapa waktu lalu. 

Oleh sebab itu, sudah sepantasnya PBB  mendesak AS membatalkan rencana pemindahan kedutaan besarnya yang berpotensi akan semakin memperkeruh konflik dan keadaan di Timur Tengah.
 
Legislator asal Jawa Timur ini mengingatkan,  Rencana ini juga sesungguhnya bertentangan dengan sejumlah resolusi. Diantaranya resolusi Majelis Umum PBB No 181 Tahun 1947 terkait two state solution bagi konflik Palestina-Israel. Resolusi 252 (1968) Israel diminta untuk menghentikan tindakan-tindakan yang terindikasi akan mengubah status Yerusalem. 

Juga, Resolusi 478 (1980) Israel dilarang membuat undang-undang yang menyatakan perubahan status Yerusalem. Perubahan status itu dianggap sebagai pelanggaran hukum internasional.
 
"Kami mendorong PBB menekan AS untuk menghentikan rencana pemindahan Dubes ke Yerusalem. Karena sejak rencana itu didengungkan oleh Presiden Trump kekerasan terhadap warga sipil Palestina semakin meningkat dan semena-mena dilakukan Israel," pungkasnya.(yn)

tag: #palestina  #israel  #amerika-serikat  #pbb  

Bagikan Berita ini :