Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 28 Jun 2018 - 19:07:27 WIB
Bagikan Berita ini :

PKB Tumbang di Kandang NU, Jazilul Yakin Daya Tawar Cak Imin Masih Kuat

59cak-imin-dinilai-berpeluang-dampingi-jokowi-di-pilpres-2019.jpeg.jpeg
Jokowi dan Muhaimin Iskandar. (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPP PKB Jazilul Fawaid mengaku yakin, posisi tawar sang Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menjadi calon Wakil Presiden Jokowi Widodo pada Pilpres 2019 masih kuat.

Hal ini diutarakan Jazilul menyusul kekelahan paslon jagoan PKB di Pilgub Jawa Timur, Gus Ipul-Puti Soekarno oleh paslon Khofifah-Emil, sebagaimana hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

"(Cak Imin) Masih kuat. Jatim kalah dalam konteks bahwa dukungan kepada Gus Ipul aja. Tetapi bahwa apapun di Jawa Timur, kiai dan komunitas NU tetap bersatu. Kan enggak ada masalah," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Karena itu, menurut Jazilul, kekalahan calon petahana di basis utama Nahdyin itu tak akan berpengaruh banyak terhadap kesolidan ulama NU di Jawa Timur.

"Jadi apa yang terjadi di Jawa Timur hari ini membuktikan Jawa Timur basis dari kalangan Islam, Ahlussunnah atau NU, atau islam rahmatan lil alamin yang sesuai dengan visi PKB. Jadi enggak ada soal itu," katanya enteng.

Lebih jauh, Jazilul mengungkapkan, koalisi partai di tingkat Bupati maupun Gubernur juga tidak pernah permanen, sehingga belum tentu selaras dengan tingkat DPP Pusat.

"Tetapi bahwa dari pilkada ini kita bisa melihat bahwa suara di Jawa itu yang menjadi 60 bahkan 70 persen suara nasional itu faktor isu soal agama masih signifikan," ucapnya.

"Maka sebenarnya PKB itu dari dulu ingin koalisi itu permanen di pusat. Jadi tidak koalisi gonta-ganti di tengah jalan. Jadi kalau misalkan 2019 ini sebisa mungkin kalau membangun koalisi itu yang permanen," pungkasnya. (Alf)

tag: #pilkada-jatim-2018  #pkb  #cak-imin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...